Senin, 21 Januari 2019

BPJS Kesehatan Menunggak ke 18 Rumah Sakit di Karawang

KARAWANG, TVBERITA.CO.ID- Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan mengakui masih memiliki sejumlah tunggakan kepada belasan rumah sakit di Kabupaten Karawang. Sejumlah tunggakan itu terjadi pada klaim di Tahun 2019.

"Kalau itu hampir merata di 18 rumah sakit di Karawang. Tetapi itu akan dibayar, karenakan dari APBN," kata Kepala Cabang BPJS Kesehatan Karawang, Unting Patri Wicaksono Pribadi kepada wartawan, Kamis (10/1).

Akan tetapi, Unting sendiri enggan menjelaskan berapa total besaran tunggakan BPJS Kesehatan kepada 18 rumah sakit itu."Saya mesti lihat lagi berapa tunggakannya, saya tidak hapal," katanya.

Selain besarnya jumlah piutang BPJS Kesehatan pada pelayanan mandiri, jelas Unting, penyebabnya salah satunya adalah besaran premi yang masih sangat rendah. 

"Preminya masih sangat rendah. Tidak sesuai, sehingga bisa ditebak pasti akan menunggak," katanya.

Sementara itu piutang tagihan BPJS Kesehatan diakuinya mencapai Rp90 miliar dari 94 ribu peserta JKN BPJS mandiri. Pendataan peserta yang masih semeraut,menyebabkan BPJS Kesehatan kesulitan untuk menagih.

"Secara otomatis akan dinonaktifkan. Karawang ini daerah industri, banyak pesertanya ini pindah secara mendadak dan kemudian banyak yang ganti nomor handphone juga. Tetapi kita terus melakukan imbauan melalui kader JKN kita,"pungkasnya.(kb)

MORE

DPC HAPI Karawang Adakan Ujian Profesi dan Pendidikan Khusus Advokat

DPC HAPI Karawang Adakan Ujian Profesi dan Pendidikan Khusus Advokat

KARAWANG, TVBERITA.CO.ID- Mengimplementasikan amanat Undang-undang Advokat, DPC...