Senin, 20 Agustus 2018

Bupati Cellica Janji Bentuk Tim Khusus Sengketa Lahan

KARAWANG, TVBERITA.CO.ID- Bupati Karawang, Cellica Nurrachadiana berjanji akan membentuk tim khusus untuk menyelesaikan persoalan sengketa lahan antara petani tiga desa di wilayah Kecamatan Telukjambe Barat dan APL. Hal itu disampaikannya saat beraudiensi dengan para petani, Selasa (10/4).

"Sebenarnya ini persoalan BPN dan juga Pemerintah Pusat. Namun karena lokasi sengketa ada di Kabupaten Karawang, kami juga berkewajiban untuk berperan menyelesaikan kasus ini," ujar Cellica didampingi Kapolres Karawang, AKBP Hendy F. Kurniawan dan Asisten Daerah Bidang Pemerintahan, Samsuri. 

Cellica menjelaskan, tugas tim tersebut adalah menelusuri ihwal kasus itu dan melaporkannya ke pemerintah pusat. Namun, sambil menunggu kasus itu terselesaikan, pihaknya mengizinkan para petani menanami lahan tersebut yang berada di dua dusun di wilayah Desa Wanasari yang saat ini dikuasai APL.

"Kami bersama Kapolres mendampingi petani saat melakukan penanaman. Dan tanaman petani kami pastikan akan dijaga dari gangguan pihak manapun," katanya.

Sementara itu, Kapolres Karawang menjamin pihaknya akan menjaga keamanan dan keselamatan petani selama melakukan penanaman. Ia mengimbau, agar massa dari GMBI membubarkan diri dan menyerahkan pengamanan lokasi kepada pihak kepolisian.

"Soal pengamanan percayakan kepada kami. Semua pihak harus menahan diri, jangan sampai terjadi bentrokan," kata Hendy.

Dari pantauan KORAN BERITA, ribuan massa awalnya berkumpul di Lapangan Karangpawitan. Kemudian bergerak ke kantor bupati dengan berjalan kaki.

Sesampainya di komplek Kantor Bupati Karawang, perwakilan massa diterima langsung Bupati Cellica Nurrachadiana didampingi Kapolres Hendy F. Kurniawan untuk berdialog.

Pasca berdialog, massa kembali bergerak menuju lahan petani yang dikuasi oleh APL. Mereka melakukan penanaman di lahan yang telah ditentukan, dengan pengawalan langsung dari Bupati dan Kapolres Karawang. (put/ds)

MORE

Karnaval Drum Band dan Kostum Meriahkan Perayaan HUT RI ke-73 di Gempol

Karnaval Drum Band dan Kostum Meriahkan Perayaan HUT RI ke-73 di Gempol

BANYUSARI, TVBERITA.CO.ID- Sekitar tiga ratus warga  RT 01/01 dan para pemu...