Beranda Regional Dana Desa Rentan Diselewengkan, Inspektorat Lakukan Ini

Dana Desa Rentan Diselewengkan, Inspektorat Lakukan Ini

JATISARI, TVBERITA.CO.ID- Tim Inspektorat Kabupaten Karawang periksa Desa Barugbug terkait penggunaan anggaran Dana Desa Tahun Anggaran 2017. Sebelumnya Tim Inspektorat Karawang telah memeriksa penggunaan.

Dana Desa di Desa Mekarsari dan Desa Balonggandu terkait hal yang sama yakni penggunaan Dana Desa dari Pemerintahan Pusat.

Menurut Anggota Tim Inspektorat,Febbi Rahdian mewakili ketua Tim Inspektorat yang berhalangan hadir yakni Hotib sedang tugas ke Provinsi Jabar. Ia menyampaikan bahwa pemeriksaan reguler terhadap pemerintan desa di Kecamatan Jatisari untuk mengecek realisasi Dana Desa tahun Anggaran 2017.

“Pemeriksaan Dana Desa ke tiap desa terkait penggunaan bantuan keuangan yang berasal dari Pemerintahan Pusat yang telah di terima oleh setiap pemdes,” ujarnya kepada KORAN BERITA (Grup Tvberita.co.id), Rabu(18/1) setelah selesai melakukan pemeriksaan di Kantor Desa Barugbug.

Dikatakan Febbi, pemeriksaan Dana Desa tersebut bukan hanya sebatas tertib administrasi saja melainkan mengecek dan memeriksa langsung ketitik lokasi bangunan seperti pembangunan jalan setapak,jalan lingkungan dan infrastruktur lainya yang dibangun dari sumber Dana Desa.

“Kita cek admistrasinya kemudian cek langsung kelokasi. Untuk Desa Barugbug di tahun anggaran 2017 telah menerima senilai Rp.834.528.000.Apakah sesuai dengan pagunya tidak alokasi pembangunan tersebut,” tandasnya.

Ia menambahkan terkait hasil pemeriksaan tim inspektorat akan dilaporkan langsung ke Bupati Karawang. Apakah ada temuan penyimpangan atau tidak. Belum bisa dipublikasikan.

“Hasil pemeriksaan ini nanti disampaikan ke Bupati Karawang. Satu Minggu kita pelajari hasil pemeriksaan ini,” ucapnya.

Sementara itu Kasie Pemerintahan Kecamatan Jatisari, Oding yang mendampingi Tim Inspektorat Karawang. Ia berharap setiap Pemdes agar merealisasikan Dana Desa sesuai dengan pagu anggaran.

“Gunakan Dana Desa sesuai dengan pagu anggaran. Tidak perlu takut terhadap pemeriksaan jika dilaksanakan sesuai dengan pagu anggarannya,” katanya.

Ia juga mengatakan yang sudah dilakukan pemeriksaan di Kecamatan Jatisari yakni Desa Mekarsari dan Desa Balonggandu.

“Yang sudah di periksa baru 3 desa termasuk hari ini Desa Barugbug. Untuk besok Hari Kamis(19/1) yakni Desa Cikalongsari. Nanti secara bergiliran di setiap desa,” katanya.

Senada disampaikan Kepala Desa Barugbug,Suhatip. Adanya pemeriksaan anggaran Dana Desa Tahun 2017. Untuk memeriksa realisasi penggunaannya.

“Kita sudah sesuai dengan pagu anggarannya. Karena setiap tahun secara berkala dilakukan pemeriksaan sebagai pembinaan adminstrasi. Supaya tertib administrasi penggunaan anggaran yang telah diterima pemdes,” singkatnya.(dej/ris)