Senin, 10 Desember 2018

Diduga Palsukan Data Sertifikat, Ahli Waris Sengketakan Lahan

PURWAKARTA TVBERITA.CO.ID-, Ahli Waris Uju Juanta warga Desa Cilangkap Kecamatan Babakan Cikao Kabupaten Purwakarta akhirnya mendaftarkan sengketa tanah milik Uju Juanta ke ATR/BPN Kabupaten Purwakarta, pasalnya tanah milik atas nama Uju Juanta kini beralih menjadi nama orang lain dengan terbitnya sertifikat yang diduga datanya dipalsukan.

"Sebelumnya kami pihak ahli waris Uju Juanta pada tahun 2010 mendaftarkan ke BPN melalui Program Prona dua bidang tanah yang kami miliki seluas 5000 dan 959 M2,  yang diurus oleh Kanam yang merupakan salah satu staf Desa Cilangkap dengan membayar sejumlah uang untuk proses pembuatan sertifikat,"jelas Junaedi salah satu ahli waris Uju Juanta Rabu (5/12).

"Belakangan berkas yang sudah lengkap tersebut ditolak oleh pihak BPN dengan alasan yang tidak jelas, namun belakangan pada tahun 2016 muncul sertifikat atas nama orang lain yakni Acem yang merupakan orang tua dari Kanam dan atas nama Diah Sundiah yang juga merupakan kerabat keluarga kami,"ujar Junaedi sambil menunjukkan foto copy kedua sertifikat.

"Yang lebih parah lagi Sertifikat atas nama Acem itu sudah beralih ketangan orang lain karena sudah dijual sebelumnya, sedangkan sertifikat atas nama Diah Sundiah kami ketahui masih ditawarkan ke orang-orang oleh salah satu warga yang kami kenal juga,"paparnya.

"Hari ini kami resmi mendaftarkan sengketa di ATR/BPN untuk bisa membuka warkah asal muasal sehingga terbitnya kedua sertifikat tersebut, karena sebelumnya langkah mediasi dengan kedua belah pihak tidak menemui titik temu,"tegasnya.

"Kita lihat saja nanti bagaimana proses sengketa di ATR/BPN, kami harap prosesnya bisa cepat dan bisa menyimpulkan data mana yang paling akurat, data mereka atau data kami,"pungkasnya

Sementara Kanam yang merupakan petugas kolektor pajak di Desa Cilangkap saat dihubungi mengatakan sudah malas mengurusi hal ini.

"Saya sudah malas, silahkan saja mau dibawa kemana saja, kami juga punya data,"ujarnya singkat.(cr2/ris)

MORE

Dalam Era Revolusi 4.0, Paradigma Perlindungan Pekerja Perlu Diubah

Dalam Era Revolusi 4.0, Paradigma Perlindungan Pekerja Perlu Diubah

JAKARTA, TVBERITA.CO.ID- Selain berdampak trehadap perubahan model bisnis, perke...