Rabu, 21 November 2018

Disdik Purwakarta Jajaki Kerja Sama Pendidikan dengan Finlandia

PURWAKARTA, TVBERITA.CO.ID- Dinas Pendidikan Kabupaten Purwakarta siap melakukan kolaborasi pendidikan denga Finlandia University, Hal tersebut dilakukan untuk meningkatkan kapasitas pendidikan di Purwakarta.

System pendidikan berkarakter yang di gagas oleh Mantan Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi yang sudah lama diterapkan di Kabupaten Purwakarta akan dikolaborasikan dengan system pendidikan di Finlandia.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Purwakarta, Purwanto mengungkapkan pihaknya akan melakukan MoU dengan Finlandia University bertujuan untuk meningkatkan kapasitas guru serta pendidikan di Purwakarta. apalagi Finlandia merupakan negara dengan system pendidikan terbaik di dunia.

"MoU tindak lanjutnya peningkatan kapasitas guru dan kepala sekolah bisa melalui seminar dan pelatihan guru atau kepala sekolah, bahkan bisa jadi pertukuaran guru," ujar Purwanto di sela-sela share dan hearing antara Finlandia University dengan Dinas Pendidikan Purwakarta di Hotel Harper, Purwakarta. Rabu Malam (12/9/2018).

Bahkan Dinas Pendidikan Purwakarta akan belajar bagaimana system pendidikan di Finlandia, terutama pola pengajaran guru di sekolah. karena hal yang terpenting adalah cara guru menghadapi siswa di sekolah.

"System kurikulum berbeda tetapi ada subtansi yang sama kan,yang mereka hadapi mereka sama yaitu siswa yang menyampaikan nya guru, mungkin ada hal hal yang sama dilakukan guru di indonesia dan filandia bagaimana cara guru memperhatikan murid memperlakukan murid itu yang penting," ujar dia.

Selain itu adalah membuka wawasan cara mindset guru dalam memberikan pelajaran kepada siswa, hal itu untuk mendapatkan formula agar siswa senang dengan sekolah dan belajar.

"Merubah mindset guru dan keyakinan mereka cara mendidik yang benar itu harus mereka temukan, tentu finlandia sudah melakukan praktek baik dan itu harus kita contoh.," ungkapnya.

System pendidikan berkarakter yang sudah diterapkan di Purwakarta, oleh Disdik Purwakarta akan dikolaborasikan, terlebih dengan system pendidikan Finlandia yang mumpuni.

"Bisa jadi arahnya kolaborasi dan kita lihat kemungkinan - kemungkinan itu bisa dilakukan atau tidak," tuturnya.

sedangkan menurut Executive Vice President Finlandia University, Pasi Kaskinen, mengapresiasi pola pendidikan di Purwakarta bahkan dirinya menemukan kesamaan pola dalam system pendidikan bagaimana membangun karakter dan bakat siswa sejak kecil.

"Disana sejak dini diajarkan oleh guru bagaimana mandiri, mengasah bakat dan siswa harus memiliki basic skill akan bakatnya, sehingga disana nanti diarahkan hal itu saya dengar ada juga di Purwakarta," ujar Pasi.

Menemukan kesamaan pola antara penerapan pendidikan karakter di Purwakarta dan Finlandia. Hal ini mengundang decak kagum dan ditegaskan oleh Executive Vice President dari Finlandia University, Pasi Kaskinen.

Pasi pun akan melakukan menjajaki kolaborasi pendidikan dengan formula Co Evolution, yang merupakan salah satu system pendidikan di Finlandia untuk menghasilkan siswa yang berbakat dan profesional dibidangnya. Pola tersebut akan dikolaborasikan dengan system pendidikan lokal di Purwakarta.

"Kita tidak akan memaksakan, tapi formula yang harus digabungkan pola pendidikan Finlandia dikolaborasikan dengan pendidikan berkakter di Purwakarta, dan saya amati ternyata mirip dengan kami hanya saja bagaimana implementasi guru di sekolah dalam menerapkannya," ujar dia.

Dalam Sharing dan Hearing anatar Finlandia University dan Disdik Purwakarta, hadir juga Mantan Bupati Purwakarta sekaligus penggagas pendidikan Berkarakter di Jawa Barat, bahkan Dedi pun memberikan masukan kepada Disdik Purwakarta untuk melakukan kolaborasi pendidikan Finlandia dan Purwakarta.

Karena menurut Dedi, Finlandia merupakan contoh kongkrit dalam system pendidikan dan sudah diakui oleh dunia.

"Saya harapkan Disdik Purwakarta bisa melakukan kolaborasi dengan Finlandia, karena pola pendidikan berkarakter yang diterapkan di Purwakarta sampai hari ini ada kesamaan dengan pendidikan di Finlandia,"pungkasnya.(trg/ris)

MORE

Karang Taruna Kayuringin Jaya Bersih-bersih Rumah Ibadah

Karang Taruna Kayuringin Jaya Bersih-bersih Rumah Ibadah

KOTA BEKASI, TVBERITA.CO.ID- Kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara ha...