Kamis, 22 November 2018

Disnakertrans Beri Sanksi Perusahaan yang Rekrut Tenaga Kerja Ilegal

KARAWANG, TVBERITA.CO.ID- Sejumlah perusahaan di Karawang yang melakukan rekrutmen tenaga kerja melalui Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) akan ditertibkan.

Kepala Disnakertrans Karawang Ahmad Suroto mengatakan, berdasarkan Perbup Nomor 8 Tahun 2016 tentang Perluasan Kesempatan Kerja disebutkan rekrutmen tenaga kerja harus melalui Disnakertrans.

"Perbup ini mengatur kebijakan satu pintu untuk rekrutmen tenaga kerja, jadi tidak boleh ada perusahaan yang melakukan rekrutmen sendiri apalagi sampai di luar Karawang. Kalau butuh tenaga kerja di Karawang sendiri masih banyak kenapa harus di luar Karawang," kata Ahmad Suroto, Rabu (7/11/2018).

Menurut dia, Disnakertrans sudah beberapa kali melakukan penertiban terhadap sejumlah perusahaan yang melakukan rekrutmen tenaga kerja tidak berdasarkan Perbup Nomor 8 Tahun 2016. Sejumlah perusahaan diberikan sanksi mulai dari sanksi administrasi hingga penghentian kegiatan rekrutmen.

"Rekrutmen yang tidak sesuai aturan harus dibatalkan dan dilakukan rekrutmen kembali melalui Disnaker. Jika mereka tetap membandel kita berikan sanksi lebih tegas lagi yaitu menghentikan perizinan tenaga kerja asing atau izin lainnya," ujarnya.

Suroto mengatakan, Disnakertrans membentuk tim khusus untuk mengawasi perusahaan yang melakukan rekrutmen tenaga kerja tanpa melalui Disnakertrans. Tim tersebut memonitor setiap kegiatan perusahaan, bahkan melakukan sidak langsung ke perusahaan dan menemui para pekerja.

"Nanti akan ketahuan apakah mereka bekerja melalui Disnaker atau melalui jalur lain. Jika ketahuan tentunya akan langsung kita berikan sanksi terhadap perusahaan tersebut," katanya.(KB)

MORE

Heboh Video Mesum Siswi, Satpol PP dan Polisi Diminta Razia Hotel Melati

Heboh Video Mesum Siswi, Satpol PP dan Polisi Diminta Razia Hotel Melati

KARAWANG, TVBERITA.CO.ID- Pasca terungkapnya video mesum anak sekolah dan kasus-...