Beranda Regional Ekskul Jurnalistik SMAN 1 Cilamaya Luncurkan Sacila Info

Ekskul Jurnalistik SMAN 1 Cilamaya Luncurkan Sacila Info

CILAMAYA, TVBERITA.CO.ID- SMAN 1 Cilamaya meluncurkan media berbasis online dengan nama Sacila Info. Peluncuran sendiri diprakarsai siswa Ekstrakurikuler Jurnalistik SMAN 1 Cilamaya.

Kepala SMAN 1 Cilamaya, Raden Eman Sulaeman mengatakan, Sacila Info didukung penuh oleh pihak sekolah. Isi beritanya, antara lain pemberitaan seputar kegiatan dan program sekolah, yang dikombinasikan dengan karya-karya Literasi siswa SMAN 1 Cilamaya.

“Laporan terakhir yang saya terima dari Jurnalistik Sacila. Website Sacila Info sampai saat ini sudah memiliki 7.200 lebih pembaca setia, dari berbagai golongan,” ungkap Raden, Jumat (16/11).

Dikatakan Raden, Eksistensi Jurnalistik Sacila memiliki jaringan yang luas dan bekerjasama dengan media-media lokal hingga nasional.”Anak-anak sendiri yang belajar dan mencari berita dari ahlinya. Mereka belajar dari wartawan profesional, dari media lokal sama nasional,” ujarnya.

Pembina Jurnalistik Sacila, Akbar Elwasil mengatakan, media sekolah berbasis Online yang diberi nama Sacila Info di kelola dan di isi langsung oleh siswa. Dengan aturan dan kode etik yang sudah ditentukan oleh pihak sekolah sebelumnya.

“Jika di universitas ada Lembaga Pers Pelajar (LPM) maka di SMAN 1 Cilamaya ada Lembaga Pers Pelajar (LPP),” ucapnya.

Akbar mengatakan, harusnya geliat LPP di SMAN 1 Cilamaya biaa menjadi contoh yang baik untuk sekolah-sekolah lain di Kabupaten Karawang, khususnya tingkatan SLTA yang memiliki ekskul Jurnalistik.

“Kami terbuka untuk semua sekolah yang ingin bekajar. Bahkan, kami juga sering mengadakan studi banding dengan sekolah lain. Dengan tujuan berbagi ilmu,” jelasnya.

Akbar berharap, semakin eksisnya dunia Jurnalistik di kalangan pelajar Karawang. Kedepan, Dinas Pendidikan Kabupaten Karawang, memperhatikan dan membuat event atau kejuaraan untuk anak-anak Jurnalistik Pelajar berprestasi.

“Karena selama ini kita diam ditempat. Tanpa kejuaraan yang jelas. Padahal, Jurnalistik pelajar di Karawang banyak. Tapi sampai saat ini, belum ada perlombaannya,” pungkasnya.(KB)