Beranda Regional Hari Kemerdekaan Jadi Berkah Bagi 25 Warga Binaan Lapas Karawang

Hari Kemerdekaan Jadi Berkah Bagi 25 Warga Binaan Lapas Karawang

KARAWANG, TVBERITA.CO.ID- Sebanyak 560 warga binaan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II A Karawang, Jawa Barat mendapatkan remis di hari ulang tahun (HUT) ke 73 Republik Indonesia.

“Ada sebanyak 560 warga binaan yang mendapatkan remisi pagi ini kaitan di hari kemerdekaan. Tentu ini merupakan hak para warga binaan,” kata Kasi Binadik Lapas Kelas II A Karawang, Hendi kepada wartawan, Jumat (17/8).

Hendi menjelaskan para warga binaan mendapatkan remisi umum (RU I) sebanyak 508 warga binaan mendapatkan potongan masa tahanan satu bulan hingga enam bulan.

Lanjutnya untuk warga binaan yang mendapatkan remisi umum (RU II) sebanyak 23 orang langsung bebas. Sedangkan yang mendapatkan remisi umum (RU II+subsider) sebanyak 29 warga binaan.

“Untuk warga binaan yang langsung bebas pada hari ini adalah 23 orang untuk RU II. Dan yang bebas murni itu 2 warga binaan,” katanya.

Hendi menegaskan remisi merupakan stimulus yang baik untuk para warga binaan. Penilaian remisi dilakukan berdasarkan perilaku perubahan sikap warga binaan selama menjalankan masa tahanan.

“Tentunya kita melakukan penilaian berdasarkan perubahan yang baik kepada para warga binaan. Kita mengimbau warga binaan mampu menjadikan remisi ini sebagai kesempatan mereka lebih baik dalam bermasyarakat,” katanya.

Sementara itu, Lapas kelas II A Karawang ini dihuni 1188 orang yang terdiri 405 tahanan dan 783 narapidana.”Sebanyak 1164 pria, 37 orang wanita dan 5 orang anak-anak,” pungkasnya.(KB)