Jumat, 14 Desember 2018

Iklan Caleg di Karawang tak Berkontribusi ke PAD

KARAWANG, TVBERITA.CO.ID- Maraknya alat peraga kampanye Calon Legisatif (Caleg) dan Calon Presiden (Capres) dari berbagai Partai Politik yang terpampang diatas papan reklame atau billboard yang menghiasi Kota Karawang ternyata tidak ada konstribusi untuk penghasilan asli daerah Kabupaten Karawang.

Sekretaris Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda) Kabupaten Karawang Mustopa menjelaskan jika iklan non komersil, seperti iklan partai politik atau organisasi masyarakat (ormas) tidak bisa dikenakan pajak reklame.

Menurutnya, Sesuai aturan yang ada reklame yang dikenakan pajak adalah reklame yang bersifat profit oriented, misalnya iklan -iklan sebuah produk.

Sementara untuk rekleame yang ada calon legislatif maupun calon presiden tidak bisa dikenai pajak karena tidak termasuk kedalam iklan produk.

"Kami tidak boleh memungut pajak jika memang dalam aturan undang undangnya objek tersebut tidak boleh, tentunya kita tidak boleh menyalahi aturan,"jelasnya.

Dikatakan Mustopa, dalam Peraturan Daerah No. 12 tahun 2011 tentang Pajak Daerah , dijelaskan bahwa pajak itu sudah dibatasi jenis - jenisnya jika bukan objek pajak maka Dispenda tidak boleh memungut pajak dan hanya boleh memungut pajak jika memang itu masuk sebagai objek pajak.

Sementara Mustopa juga mengungkapkan dalam hal ini pemerintah daerah memang tidak mempunyai papan reklame atau billboard sendiri dan semua bill board merupakan milik pihak ketiga.

"Pemkab memang tidak mempunyai billboard atau papan reklame, hanya ada beberapa itupun billboard milik Dinas Keluarga Berencana, mungkin para caleg atau timsukses memasang langsung kepada pemilik, dan kami tidak ada kewenangan untuk campur tangan sama saja menyalahi aturan,"paparnya.(nin/ris)

MORE

Bupati Berharap Tidak Ada Kades Terjerat Kasus Hukum

Bupati Berharap Tidak Ada Kades Terjerat Kasus Hukum

KARAWANG, TVBERITA.CO.ID- Bupati Karawang Cellica Nurrachadiana berharap tak ada...