Beranda Regional Incar Adipura, DLH Kota Bekasi Terus Kayuh Kinerja

Incar Adipura, DLH Kota Bekasi Terus Kayuh Kinerja

BEKASI, TVBERITA. CO.ID- Dalam Diskusi mengenal lebih dekat dengan Dinas Lingkungan Hidup yang digelar di Gazebo Hutan Kota Bekasi terungkap hingga saat ini Pemerintah Kota Bekasi masih berjuang mendapatkan piala Adipura yang bermartabat tahun 2018.

“Kita membutuhkan masukan untuk diserap agar dapat membangun lebih baik lagi maka harus sering dilakukan diskusi agar adanya masukan yang lebih baik, strategi dalam pengelolaan lingkungan hidup di Kota Bekasi.

“ungkap Jumhana Lutfi dalam diskusi yang digelar Forum Jurnalis Bekasi (Forjas) di Hutan Kota Bekasi.

Diakuinya, yang dilakukan Dinas Lingkungan Hidup pada 2017 dan yang akan dilakukan pada 2018.

Diawali dengan persatuan Badan Pengelola lingkungan Hidup dan Dinas Kebersihan yang bergabung menjadi Dinas Lingkungan Hidup Kota Bekasi.

“Adipura sudah masuk dalam visinya di renja 2017, karena itu sejak 2017 Adipura digenjot keliling hingga ke RW dengan bentuk bank sampah. Indikasinya adanya kenaikan jumlah bank sampah awalnya 30 menjadi 1035 bank sampah yang terbentuk di Kota Bekasi,” jelasnya.

Strategi Adipura 2017 yang sudah dilakukan Dinas Lingkungan Hidup di antaranya, mendorong agar gerakan peduli lingkungan tumbuh di Kota Bekasi seperti Forbakti, Relawan Adipura Bermartabat, BPKRI, dan Clin Bekasi.

Kemampuan infrastruktur kebersihan terbatas dengan jumlah sampah yang dihasilkan warga setiap harinya sebanyak 1.700 ton sampah per hari yang dapat dilayani dari hulu sampai hilir hanya 600 ton di TPA Sumur Batu.

“Itu juga dengan di-pressure, pembelian lahan karena pengolahan sampah di TPA Sumur Batu masih konvensional. 1.100 ton masih tertinggal di wilayah masyarakat Kota Bekasi, maka harus diolah dengan membangun bank sampah,” ungkapnya.

“Karena saat ini sudah ada Unit Reaksi Cepat (URC) per kecamatan satu mobil untuk menyisir sampah di lingkungan yang belum ada tempat sampah,” tuturnya. (ais/fzy).