Beranda Regional Ingin Kerja di AHM, Warga Cikampek Harus Demo Dulu

Ingin Kerja di AHM, Warga Cikampek Harus Demo Dulu

KARAWANG, TVBERITA.CO.ID- Puluhan warga, para tokoh masyarakat dan beberapa kepala desa mendatangi PT.Astra Honda Motor (AHM).

Kedatangan warga Kecamatan Cikampek menuntut agar perusahaan yang bergerak di bidang otomotif dapat menyerap calon tenaga kerja asal Kecamatan Cikampek dan sekitarnya di Kabupaten Karawang.

Juru bicara perwakilan Tokoh masyarakat diantaranya ,Yusup Nurwenda, dan H.Deden Darmansah meminta kepada pihak perusahaan agar merekrut calon tenaga kerja berasal dari lingkungan Kecamatan Cikampek dan sekitarnya.

Pasalnya, tidak sedikit calon tenaga kerja asal kecamatan Cikampek belum terakomodir menjadi tenaga kerja di perusahaan tersebut. Sehingga tuntutan para warga dan tokoh masyarakat supaya pihak perusahaan mampu menyerap para calon tenaga kerja asal Kabupaten Karawang.

“Ada tiga point yang kita ajukan kepada pihak perusahaan PT.AHM, diantaranya merekrut 60 persen calon tenaga kerja dari Karawang. Kemudian rekruitmen calon tenaga harus melihatkan Pemerintahan desa di Kecamatan Cikampek,”kata H.Deden Darmansyah kepada para awak media di depan pintu gerbang PT.AHM, Kamis (20/9).

Selain itu, kata Deden, para pekerja yang sudah lama bekerja di PT.AHM diangkat menjadi karyawan tetap secara profesional berdasarkan aturan dan Undang-Undang yang mengatur ketenagakerjaan di Republik Indonesia.

“Selain dua tuntutan tentang pola rekruitmen calon tenaga kerja merekruit calon tenaga kerja yang dekat lingkungan perusahaan. Kepastian tenaga kerja menjadi karyawan tetap perlu diskala prioritaskan juga,”tandasnya.

Apabila tiga tuntutan tidak diindahkan oleh pihak PT.Astra Honda Motor, sambung Deden, maka gelombang protes warga akan lebih banyak lagi terhadap PT.AHM.

“Sudah ada kesepahaman dan kesepakatan diantara dua belah pihak. Baik dari pihak warga dengan PT.AHM dalam tuntutan calon tenaga kerja. Apabila pihak perusahaan ingkar dipastikan gelombang protes akan lebih banyak lagi,”ungkapnya.

Senada disampaikan Yusup Nurwenda, tokoh masyarakat Kecamatan Cikampek. Tuntutan para warga dan kepala desa terkait rekruitmen tenaga kerja. Sudah dilakukan kesepakatan agar PT.AHM peduli terhadap calon tenaga kerja asal Cikampek dan sekitarnya.

“Kita sudah menyampaikan tuntutan masyarakat. Nota kesepakatan sudah dituangkan. Kemudian pihak perusahaan mengabulkan tuntutan tiga poin,”katanya.

Ia juga tidak akan segan-segan mengerahkan warga kembali. Apabila yang sudah menjadi kesepakatan bersama tidak dilaksanakan sesuai kesepahaman bersama.

“Apa yang menjadi kesepakatan bersama harus dilaksanakan oleh pihak PT.AHM. Jika tidak maka ada akumulasi kekecewaan dari para warga Kecamatan Cikampek,”pungkasnya.(dej/ds)