Senin, 29 Mei 2017

RESMI. Wakil Gubernur Jawa Barat saat peresmian. RESMI. Wakil Gubernur Jawa Barat saat peresmian. Foto Aisyah

Wagub Resmikan Gedung Samsat Termegah di Jabar Featured

KOTA BEKASI, TVBERITA.CO.ID- Wakil Gubernur Jawa Barat, Deddy Mizwar resmikan gedung kantor baru Samsat wilayah Kota Bekasi dan Depok 1, yang berlokasi di Jalan Ir Juanda, Bulak Kapal depan taman Makam Pahlawan, Bekasi Timur, Kota Bekasi, Selasa (16/5).


Peresmian dilakukan langsung oleh Wakil Gubernur Provinsi Jawa Barat, Dedy Mizwar dan disaksikan Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Jabar, Dadang Soeharto, Wakil Wali Kota Bekasi, Ahmad Syaikhu dan Wadirlantas Polda Metro Jaya, AKBP Kinkin Winisuda.

"Dengan diresmikannya kantor samsat yang baru ini, semua kemudahan pelayanan kepada wajib pajak kendaraan bisa memberikan kenyamanan kepada masyarakat. Pada intinya, pemerintah itu memang harus melayani masyarakat," katanya.

“Intinya saya berharap bisa memberikan pelayanan yang memudahkan dan memberikan rasa nyaman ke masyarakat,” ungkap Dedy Mizwar saat berbincang dengan Berita Bekasi usai acara.

Pembayaran pajak kendaraan ini kata Dedy sudah bisa dilakukan di Polda Metro Jaya juga karena Pemerintah Jabar, melalui Bank BJB sudah melakukan kerjasama.

“Kalau di Jawa Barat itu kan kita sudah melakukan kerjasama dengan enam Bank, tapi di Polda Metro Jaya baru bisa kerja sama dengan Bank BJB saja, dan itu perlu lagi ditambahkan,” jelasnya.

Sementara Kepala Bapenda Jabar, Dadang Soeharto menjelaskan, kini masyarakat dapat membayarkan langsung pajak kendaraannya melalui enam bank yang telah dikerjasamakan dengan samsat. Meski sedang berada di Papua sekali pun, kemudahan akses pembayaran bisa dilakukan.

“Di Jawa Barat, kita dan Polda Jabar sudah bekerjasama dengan enam bank, masyarakat bisa bayar pajak, PNBP, surat wajib lalulintas dari manapun, di seluruh Indonesia, selagi ada enam bank itu, yaitu Bank BJB, BRI, BCA, BNI, Niaga Bank, dan Permata Bank,” kata Dadang.

Transaksi bisa dilakukan, lanjut Dadang, selagi didaerah tersebut terdapat enam bank yang dikerjasamakan dengan samsat. Menurutnya, tahun 2017 ini, Samsat menargetkan Rp 11 triliun dari pembayaran kendaraan bermotor. Sedangkan dari pendapatan daerahnya, bisa mencapai Rp 16 triliun.

“Kalau di total dari keseluruhannya bisa mencapai Rp 30 triliun lebih, itu dari total pendapatan. Dari total tersebut ada Pendapatan Asli Daerah (PAD) sekitar Rp 16 triliun lebih dan Rp 11 triliun dari sumbangan pajak bermotor,” kata Dadang.

Bapenda Jabar terus melakukan berbagai terobosan, demi memudahkan pelayanan kepada masyarakat. Selain dari enam bank tersebut, wajib pajak kendaraan bisa melakukan transaksi dari e-Banking dan e-Samsat.

“Banyak pilihan untuk mebayarkan kewajibannya, bisa datang langsung ke samsat, outlet, samling, samdong, e-samsat, bahkan bisa juga sambil dilakukan dalam perjalan atau sedang di rumah dengan menggunakan e-banking dan itu sistem yang melakukan,” terang Dadang.

Dadang kembali menjelaskan, bahwa dengan kehadiran gedung baru samsat di Bulak Kapal, Bekasi Timur ini, warga Depok, khususnya, bisa melakukan pembayaran pajak kendaraannya langsung di kantor samsat ini.

“Contohnya, misalnya ada warga depok yang sedang bertugas atau main ke Bekasi, lalu dia ingin membayarakan kewajibannya, bisa langsung bayar di kantor samsat baru ini, yang ada di Bulak Kapal, Bekasi Timur,” jelasnya.

Ia berharap, dengan segala kemudahan yang dilakukan samsat, bisa memberikan kenyamanan pelayanan bagi wajib pajak kendaraan bermotor.

“Semoga dengan semua kemudahan ini bisa memberikan kenyamanan bagi wajib pajak kendaraan, jadi tidak perlu khawatir lagi untuk membayarakan pajak kendaraannya di Indonesia," jelas Dadang. (ais/fzy)

Leave a comment

Make sure you enter all the required information, indicated by an asterisk (*). HTML code is not allowed.