Senin, 29 Mei 2017

SIDAK:Tim Terpadu Pengawasan Pangan (T2P2) Kabupaten Karawang saat melakukan sidak ke Pasar Johar SIDAK:Tim Terpadu Pengawasan Pangan (T2P2) Kabupaten Karawang saat melakukan sidak ke Pasar Johar Foto Koran Berita/Cr16

Sidak di Johar, T2P2 Temukan Makanan Boraks Featured

KARAWANG, TVBERITA.CO.ID- Tim Terpadu Pengawasan Pangan (T2P2) Kabupaten Karawang yang terdiri dari Dinas Ketahanan Pangan (DKP), Dinas Kesehatan (Dinkes), Badan Urusan Logistik (Bulog), Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) dan Polres Karawang, menemukan sejumlah makanan yang mengandung boraks dan formalin, saat menggelar inspeksi mendadak (Sidak) di Pasar Johar, Kamis (18/5).

"Dari 15 makanan yang kami periksa, ada 7 makanan yang terbukti mengandung boraks dan formalin. Selanjutnya kami akan mengirimkan berita acara kepada pedagang sebagai bentuk pembinaan," kata salah seorang anggota T2P2 Kabupaten Karawang, Iip Gipari.

Dijelaskannya, yang mengandung formalin adalah mie kuning basah, ikan teri, tahu putih/tahu bantal, sosis merk samba. Sementara yang mengandung boraks sosis sona sona, kerupuk dorokdok, nugget dan paha ayam kriuk.

"Terkait temuan, kami akan menelusuri lebih dahulu dari mana asal produk berformalin dan boraks tersebut," ujarnya.

Kasat Reskrim Polres Karawang, AKP Maradona Armin Mappaseng menegaskan, pihaknya akan menelusuri dan melakukan penyelidikan terhadap produsen makanan yang menggunakan kandungan bahan-bahan berbahaya.

"Kami akan telusuri, karena memang sudah menyangkut pidana," katanya.

Maradona mengungkapkan, pihaknya juga akan terus mengawasi kemungkinan adanya penimbunan komoditas pada distributor, untuk mempermainkan harga pangan di pasaran.

"Tapi sejauh ini kami melihat belum ada indikasi penimbunan, dari distributor pun masih sangat aman pasokan," katanya.

Sementara itu, Sekretaris T2P2 Kabupaten Karawang, Kadarisman mengatakan, sidak yang melibatkan sedikitnya 15 petugas tersebut, bertujuan untuk memantau pasokan dan keamanan pangan di sejumlah pasar tradisional di Karawang. Dan sejauh ini, belum ditemukan adanya indikasi kenaikan harga yang dapat dikeluhkan masyarakat.

"Kalau pasokan masih sangat lancar, dan kenaikan harga juga masih bisa dijangkau masyarakat. Jadi semuanya kondisi di lapangan begitu aman," kata Kadarisman yang juga merupakan Kepala DKP Karawang.(cr16/ds)

Leave a comment

Make sure you enter all the required information, indicated by an asterisk (*). HTML code is not allowed.