Sabtu, 22 Juli 2017

Ilustrasi/Istimewa Ilustrasi/Istimewa

Perbaikan Jalan, Pemkab Purwakarta Habiskan Rp 1 Triliun Featured

PURWAKARTA, TVBERITA.CO.ID- Dana sekira Rp 1 triliun sudah dihabiskan Pemerintah Kabupaten Purwakarta untuk perbaikan jalan. Hasilnya, 90 persen jalan di Purwakarta dalam keadaan mantap.

Perbaikan jalan ini dimulai sejak tahun 2008. Sedangkan dana diambil dari? dana APBD Purwakarta yang terfokus pada infrastruktur.

Kepala Dinas Bina Marga dan Pengairan Kabupaten Purwakarta Budi Supriadi, membenarkan hal ini. Menurut dia pada tahun 2008 lalu, anggaran pembangunan jalan di Purwakarta mencapai Rp 100 miliar.

"Padahal tahun sebelumnya anggaran perbaikan dan pembangunan jalan hanya habiskan Rp 22 miliar," kata Budi.

Fokus pembangunan infrastruktur ini kata dia, baru dimulai saat era kepemimpinan Dedi Mulyadi. Seperti diketahui era Dedi di Purwakarta akan berakhir pada 2018 mendatang.

??"Lonjakannya luar biasa, Kang Dedi sangat fokus pada pembangunan infrastruktur jalan. Pada awal tahun beliau memimpin beliau langsung menganggarkan Rp 100 Miliar. Sebelumnya Rp 25 Miliar itu sudah paling besar, Tahun 2007 kita di angka Rp 22 Miliar," kata Budi.

Angka Rp 100 Miliar tersebut, menurut Budi, hanya merupakan angka minimal. Pada tahun anggaran selanjutnya, dia mengungkapkan, Dedi terus menggeber pembangunan jalan di Purwakarta. Caranya dengan menambah anggaran secara periodik.

"Alih-alih turun, justru malah naik setiap tahun. Untuk Sukasari misalnya, itu angka Rp 97 Miliar untuk membuka akses kecamatan itu saja yang lama terisolir. Hebatnya itu APBD murni punya Purwakarta. Kemudian merambah ke wilayah perbatasan seperti Jembatan Cihambulu di Subang, itu sudah selesai," ujarnya.

Dengan demikian melalui pengaturan kebijakan anggaran yang fokusnya pada infrastruktur, Purwakarta telah belanjakan anggaran sebesar Rp 1 triliun. Sehingga 90 persen lebih, jalan di Purwakarta dalam keadaan mantap.

"Awalnya saya tidak percaya ini akan berhasil, ternyata berhasil. Bisa dibuktikan, hari ini ruas jalan kabupaten bertambah. Hal ini luar biasa," ujarnya.?

Dari data yang dihimpun, kini Purwakarta membuka akses jalan menuju Kecamatan Sukasari. Kecamatan ini adalah sebuah daerah yang terisolir selama kurang lebih 50 tahun. Daerah ini terisolir akibat pembangunan Waduk Jatiluhur.

Akibatnya warga di daerah ini harus menggunakan sarana transportasi air. Sehingga kurang maksimal untuk menunjang mobilitas warga sehari-hari.?

Tak hanya itu, jalur lingkar timur Purwakarta juga ikut dibangun. Jalan ini menjadi penghubung Kecamatan Bungursari, Campaka, Wanayasa, Bojong dan Darangdan. Diharapkan tahun 2017 ini, seluruh pembangunan tersebut dapat selesai dengan baik.(KB)

Leave a comment

Make sure you enter all the required information, indicated by an asterisk (*). HTML code is not allowed.