Sabtu, 16 Desember 2017

SADAR JAMINAN SOSIAL.BPJS Ketanagkerjaan Purwakarta resmikan desa Sadar Jaminan Sosial Ketenagakerjaan. SADAR JAMINAN SOSIAL.BPJS Ketanagkerjaan Purwakarta resmikan desa Sadar Jaminan Sosial Ketenagakerjaan. Foto Adi Tarigan

BPJS-TK Purwakarta Bentuk Desa Sadar Jaminan Sosial Featured

PURWAKARTA, TVBERITA.CO.ID- Desa Rawasari, Kecamatan Plered, dijadikan Desa Sadar Jaminan Sosial Ketenagakerjaan dan diresmikan oleh Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (BPJS-TK) Cabang Purwakarta.

Peresmian tersebut dihadiri langsung oleh Sekda Kabupaten Purwakarta Padil Karsoma, Kepala Cabang BPJS TK Kabupaten Purwakarta Didi Sumardi beserta staf dan unsur Muspika Kecamatan Plered, perangkat desa dan ratusan masyarakat Kecamatan Plered.

Kepala BPJS-TK Cabang Purwakarta Didi Sumardi mengatakan penetapan Desa Rawasari ini diharapkan dapat mengajak seluruh masyarakat untuk semakin sadar akan pentingnya manfaat dan resiko sosial yang ada.

"Kita tidak tahu resiko dalam bekerja akan datang. Oleh karena itu masyarakat dihimbau untuk menyiapkan jaminan sosialnya, karena itu sangat penting," kata Didi dalam sambutannya, Rabu (9/8).

Desa Sadar Jaminan Sosial Ketenagakerjaan ini lanjut Didi, merupakan gerakan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya jaminan sosial.

"Khususnya program Jaminan Sosial Ketenagakerjaan di lingkungan masyarakat dan pemerintahan.

Program ini sebagai komitmen terhadap Misi BPJS Ketenagakerjaan, melindungi dan mensejahterakan seluruh pekerja dan keluarganya, meningkatkan produktivitas dan daya saing pekerja serta mendukung pembangunan dan kemandirian perekonomian nasional," ujarnya.

"Saya mengapresiasi pihak Desa Rawasari. Sebab seluruh aparat desa, baik Kades, RT, RW, Linmas, dan DKM di desa ini sudah menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan,” tegas Didi.

Ditempat yang sama, Kepala bidang pemasaran BPJS ketenagakerjaan cabang purwakarta Bimo Prasetiyo mengungkapkan, Tujuan lain dari kegiatan ini untuk memperluas kepesertaan asuransi tenaga kerja di Purwakarta salah satunya tenaga kerja bukan penerima upah.

"Dalam kegitan ini kita sosialiasasikan program BPJS dan kita langsung terjun mengajak masyarakat menjadi peserta BPJS yang bukan penerima upah minimal iuran 16.800 untuk 2 program yaitu Jaminan kecelakaan kerja dan jaminan kematian," kata Bimo.

Dalam kesempatan itu, BPJS-TK menyerahkan sertifkat kepesertaan kepada dewan keluarga mesjid (DKM) di Desa Rawasari Kecamatan Plered.

"Selain peresmian kita juga turut memberikan santunan kepada masyarakat sekitar terutama warga kurang mampu dan anak telah dikhitan,'' kata Bimo.

Lebih jauh, Kang Bimo mengatakan, Kegiatan tersebut bukan kali pertama digelar namun pihak BPJS terus mengintensifkan sosialiasi program untuk memperluas kepesertaan ketenaga kerjaan disejumlah wilayah di Purwakarta.

Sementara Kepala Desa Rawasari Noeratif mengapresiasi kegiatan yang dilakukan BPJS Cabang Purwakarta.

"Suatu kehormatan bagi saya karena baru desa Rawasari yang menggelar kegiatan ini," ujarnya.

"Seluruh perangkat desa dan DKM sudah menjadi peserta BPJS TK, dan iurannya setiap bulan diambil dari dana CSR," tegasnya.

Dalam peresmian tersebut tidak hanya BPJS TK saja, juga masyarakat kecamatan Plered khususnya desa Rawasari dimanjakan dengan beberapa pelayanan prima seperti pelayanan KTP,KK, Akte kelahiran, PBB, pelayanan kesehatan dan perpustakaan keliling, dimana kegiatan itu merupakan program gempungan Pemerintah Kabupaten Purwakarta.(trg/ris)

Leave a comment

Make sure you enter all the required information, indicated by an asterisk (*). HTML code is not allowed.