Minggu, 20 Agustus 2017

DAMAI. Dua kepala desa di Jatisari yang bertikai kini berdamai. DAMAI. Dua kepala desa di Jatisari yang bertikai kini berdamai. Foto Dede

Dua Kepala Desa yang Bertikai Kini Berdamai Featured

JATISARI, TVBERITA.CO.ID- Para kepala desa di Kecamatan Jatisari mengaku tenang setelah ada mediasi damai antara Kepala Desa Mekarsari Darmas dengan Ketua IKD Kecamatan Jatisari Wawan. Sehingga terjadinya kesalahpahaman antara dua kades tersebut tidak berujung ke ranah hukum.

Namun konflik horizontal antara dua kepala pemerintahan desa tersebut diselesaikan secara kekeluargaan. Perdamaian dua kepala desa tersebut berhasil dimediasi pihak Muspika Kecamatan Jatisari, Selasa ( 8/8 ) di Ruang Camat Jatisari kemarin siang.

Menurut Kepala Desa Balonggandu, Suhana, konflik dua kepala desa sempat memanas. Tapi setelah melakukan pendekatan dari para kepala desa yang tergabung di Forum IKD Jatisari, akhirnya Kades Mekarsari Darmas meminta maaf secara terbuka di Aula Kantor Kecamatan Jatisari, Sabtu(4/8) yang disaksikan 10 kepala desa dan wartawan.

"Alhamdulillah proses mediasi sudah selesai. Akhirnya dua kepala desa yang sempat bertikai beberapa waktu lalu, kini sudah damai di saksikan jajaran Muspika Kecamatan Jatisari dan IKD," paparnya kepada KORAN BERITA, Rabu (9/8).

Ia mengatakan, pertikaian dua kepala desa di Kecamatan Jatisari perlu dijadikan pembelajaran oleh semua para kepala desa lainnya. Kedepannya jika terjadi kesalahpahaman perlu segera dilakukan klarifikasi supaya tidak melebar.

"Jadikan pembelajaran bagi kita semua para kepala desa. Karena kita adalah figur pemimpin ditengah masyarakat. Yang perlu hati hati untuk menjaga lisan," tandasnya.

Dia juga menegaskan agar para kepala desa perlu meningkatkan kekompakannya. Forum minggon tingkat kecamatan sebagai forum untuk sharing para kepala desa, untuk mengakses informasi dari Pemkab Karawang melalui forum minggon kecamatan.

"Setiap hari Selasa itu sudah jadwal tetap untuk minggon tingkat kecamatan. Jadi selain menyerap informasi dan jadikan forum minggon sebagai ruang silahturahmi antar para kepala desa," tegasnya.

Hal yang sama disampaikan Kades Cirejag, Dadang Supriatna. Menurutnya, kini tidak boleh terjadi lagi pertikaian di antara para kepala desa.
"Kita ambil hikmahnya, adanya perseteruan itu. Lebih dekat lagi para kepala di Kecamatan Jatisari," katanya.

Sementara itu , Camat Jatisari, Yusi Rusliani, mengatakan, antara Kades Darmas dengan Ketua IKD Jatisari Wawan sudah saling memaafkan. Perdamaian tersebut disaksikan jajaran Muspika Jatisari.

"Pada dasarnya setiap orang tidak luput dari salah dan hilaf itu akan terjadi pada siapapun. Perseteruan Pak Darmas dan Pak Wawan sudah damai saling memaafkan, saling silaturahmi dan tidak ada permasalahan lagi, serta saling instropeksi diri untuk kedepan dan seterusnya sertamawas diri," singkatnya (dej/far)

Leave a comment

Make sure you enter all the required information, indicated by an asterisk (*). HTML code is not allowed.