Sabtu, 21 Oktober 2017

LAPORKAN PEMKAB.ALS Laporkan Pemkab Karawang ke KPK soal Pasar Cikampek. LAPORKAN PEMKAB.ALS Laporkan Pemkab Karawang ke KPK soal Pasar Cikampek. Foto Yaya

ALS Laporkan Pemkab Karawang ke KPK Featured

KARAWANG, TVBERITA.CO.ID- Kisruh Pasar Cikampek I, Kabupaten Karawang memasuki babak baru. PT Aditya Laksana Sejahtera (PT ALS) akhirnya melaporkan Pemda Karawang.

Dalam surat laporan Nomor 029 dan 030/ALS-A/DIR/VI/17 yang ditujukan kepada Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian dan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), PT ALS melaporkan beberapa dugaan pelanggaran hukum yang dilakukan oleh Pemda Karawang.

"Benar kami sudah melaporkan persoalan ini ke KPK dan Kapolri. Karena masalah ini sudah terlalu lama dibiarkan terkatung-katung tanpa kejelasan. Jelas kami sebagai investor merasa dirugikan atas perlakuan Pemda Karawang kepada PT ALS," terang penerima kuasa PT ALS, Ferry Alexi Dharmawan. Selasa (08/08).

Dia menjelaskan berdasarkan bukti otentik perjanjian kerjasama antara Pemda Karawang dengan PT ALS Nomor 073/4443/pemb dan Nomor 01-PKS/ALS-PK/XII/09 terdapat hak dan kewajiban para pihak. Tetapi pada kenyataannya perjanjian tersebut hanya dijadikan kedok untuk melakukan penipuan, karena tanah yang menjadi objek perjanjian adalah Tanah Negara bukan tanah milik Pemda Karawang.

Selain itu menurutnya, sampai laporan tersebut dibuat, ternyata Pemda Karawang tidak pernah sekalipun mengajukan permohonan penerbitan sertifikat HGB kepada Kantor Agraria dan Tata Ruang/ BPN Karawang. Padahal untuk Hak Pengelolaan Lahan (HPL) sudah terbit pada tanggal 3 April 2012 yang diajukan dan diurus atas biaya sendiri dari PT ALS, meskipun perjanjian kerjasama dilakukan pada tanggal 12 Desember 2012.

"Alasan utama kami melaporkannya karena selama ini kami menilai Pemda Karawang tidak punya itikad baik untuk melaksanakan kewajibannya, sehingga PT ALS merasa ditipu dan dirugikan miliaran rupiah, dan anehnya Pemda Karawang malah mau menerbitkan SHGB atas nama PT Celebes. Padahal Celebes tidak mempunyai bangunan kios,"tegasnya.

Sementara itu, Ketua DPD LSM Gibas Jaya Kabupaten Karawang, Deny Darsono yang disapa Deny Dolar, menyatakan sikapnya mendukung sepenuhnya PT ALS dalam usaha menuntut dan mempertahankan hak-haknya sebagai pengelola yang syah dari Pasar Cikampek I Kabupaten Karawang. Dia juga menyatakan sikap siap mengawal apapun langkah hukum yang dilakukan oleh PT ALS dalam menuntut haknya.

"Kami dari Gibas Jaya siap mendukung dan mengawal langkah hukum yanng dilakukan PT ALS, begitu pun dalam pelaporannya ke Kapolri dan KPK," tegasnya.

Lebih lanjut dia mengatakan berdasarkan bukti-bukti yang dimiliki termasuk berdasarkan putusan Pengadilan Negeri Karawang dengan Nomor Putusan 046/PDT/G/2016/PN-KRW, jelas terbukti Pemda Karawang dan PT Celebes telah melakukan perbuatan melawan hukum yang menimbulkan kerugian bagi PT ALS. Selain itu putusan tersebut juga memutuskan PT ALS sebagai pemegang HGB Pasar Cikampek I yang sah.

"Dengan putusan PN Karawang tersebut, seharusnya tidak ada alasan jika Pemda Karawang menunda-nunda pengurusan HGB PT ALS. Untuk itu kami akan mendesaknya untuk segera memberikan HGB kepada PT ALS," pungkasnya.(yay/kb)

Leave a comment

Make sure you enter all the required information, indicated by an asterisk (*). HTML code is not allowed.