Minggu, 20 Agustus 2017

Aplikasi PARE yang dikembangkan BKPSDM Karawang Aplikasi PARE yang dikembangkan BKPSDM Karawang Foto cr16

Ukur Kinerja ASN, BKPSDM Bikin Aplikasi PARE Featured

KARAWANG, TVBERITA.CO.ID- Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Karawang mengembangkan aplikasi e-kinerja, dengan nama Performance Agreement Report by Electronic (PARE). Aplikasi tersebut dikembangkan untuk menilai kinerja para Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karawang.

"Pemkab Karawang melalui BKPSDM terus berupaya memperbaiki kinerja PNS melalui pembinaan prestasi kerja. Hal itu sejalan dengan Undang-undang (UU) Aparatur Sipil Negara (ASN) dan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 11 Tahun 2017 tentang Manajemen PNS," ujar Kepala BKPSDM Karawang, Aang Rahmatullah kepada KORAN BERITA, Rabu (9/8).

Dijelaskannya, PARE adalah sebuah sistem aplikasi teknologi informasi berbasis android maupun web based, sebagai sarana pelaporan PNS terhadap atasan secara online atau e-kinerja.

"Di dalam aplikasi PARE ini, terdapat sasaran kerja pegawai (SKP) setiap PNS yang disusun di awal tahun, dan juga uraian tugas setiap PNS yang merupakan implementasi dari SKP yang sudah disusun. Kemudian di-breakdown atau dijabarkan ke dalam SKP bulanan," katanya.

Pengisian aplikasi PARE, akan berdampak secara langsung terhadap penghitungan pemberian tunjangan tambahan penghasilan PNS berbasis kinerja yang bisa langsung dilihat perolehannya di dalam aplikasi, dan juga untuk penilaian pemberian reward dan punishment untuk PNS.

"Aplikasi pare diciptakan dengan harapan agar setiap ASN memiliki target kinerja yang pasti, sehingga mereka mengetahui beban tugas serta apa yang harus dilakukan. Selama 3 bulan ke depan, kita akan melakukan sosialisasi ke seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Dan mulai tahun 2018 sistem ini kita laksanakan," kata Aang.

Pemkab Karawang memiliki komitmen untuk memberikan penghargaan dan meningkatkan kesejahteraan bagi para PNS sesuai prestasi kerja mereka. Dengan harapan, pelaksanaan manajemen ASN di Kabupaten Karawang ke depan tidak lagi terjebak pada formalitas belaka.

"Pengembangan aplikasi PARE di latar belakangi penilaian oleh prestasi kerja selama ini tidak menggambarkan secara nyata prestasi kerja seorang PNS, dan cenderung tidak bersifat objektif dan tidak transparan," katanya.

Padahal menurut Aang, penilaian kinerja PNS harus dilakukan secara obyektif, terukur, akuntabel, partisipatif dan transparan. Sebagaimana pembinaan disiplin PNS yang harus berjenjang dilakukan oleh atasan, penilaian kinerja PNS juga harus dilakukan oleh atasan langsung dari PNS atau pejabat yang ditentukan oleh pejabat yang berwenang.

"Penilaian kinerja PNS bertujuan untuk menjamin objektifitas penilaian PNS berdasarkan sistem prestasi dan sistem karier. Penilaian kinerja PNS berdasarkan perencanaan kinerja pada tingkat individu, tingkat unit kerja atau organisasi, dengan memperhatikan target capaian, hasil dan manfaat yang dicapai serta perilaku PNS," katanya.

Sehingga dapat dipahami oleh seluruh PNS di Kabupaten Karawang, tujuan utama dari pengembangan aplikasi PARE ini adalah untuk meningkatan kinerja organisasi dan aparatur, menjadi salah satu instrumen dalam penataan dan penyempurnaan organisasi, dan sebagai alat ukur prestasi kerja organisasi dan aparatur.

Selain itu, PARE juga berfungsi untuk meningkatkan kesejahteraan aparatur dengan mengacu pada prinsipkeadilan "equal job for equal pay”, mendorong terciptanya kompetisi yang sehat di antara aparatur, meningkatkan kompetensi SDM, serta menumbuhkan kreatifitas dan inovasi kerja yang lebih tinggi.

"Untuk menggunakan aplikasi pare berbasis android, seluruh PNS di Kabupaten Karawang diharuskan memasang aplikasi PARE yang dapat di unduh di halaman http://silkbkd.karawangkab.go.id/download/pare.apk," kata Aang. (cr16/far)

Leave a comment

Make sure you enter all the required information, indicated by an asterisk (*). HTML code is not allowed.