Sabtu, 21 Oktober 2017

TANDA TANGAN. Proses penandatanganan nota kesepahaman seputar pendaftaran TKK menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan. TANDA TANGAN. Proses penandatanganan nota kesepahaman seputar pendaftaran TKK menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan. Foto Aisyah

Kota Bekasi Lindungi 8 Ribu TKK untuk Jaminan Kecelakaan kerja Featured

KOTA BEKASI, TVBERITA.CO.ID- Untuk membuat komitmen terhadap pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM), 8.000 Tenaga Kerja Kontrak (TKK) di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Bekasi resmi dilindungi program Badan Penyelenggara Program Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan.

Peresmian program perlindungan ini ditandai dengan dilaksanakannya penandatanganan nota kesepahaman seputar pendaftaran TKK menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan pada saat apel pagi di Kantor Wali Kota Bekasi, Senin (9/10).

Kegiatan ini dihadiri oleh Kepala Kantor Cabang BPJS Ketenagakerjaan Bekasi Kota, Mariansyah dan jajarannya.

"Ini merupakan inisiatif saya sendiri sebagai kepedulian kepada pegawai kontrak yang belum memiliki kejelasan nasib ketika memasuki masa pensiun," ungkap Wali Kota Bekasi, Dr. Rahmat Effendi saat berbincang dengan Harian Berita Bekasi.

Menurutnya, TKK ini juga merupakan kelompok pekerja yang wajib mendapatkan perlindungan jaminan sosial karena memiliki risiko sosial yang sama dengan pekerja lainnya.

"Terutama aparatur sipil negara yang memiliki kesamaan sebagai abdi negara," jelasnya.

Kepala Kantor Cabang BPJS Ketenagakerjaan Bekasi Kota, Mariansyah menyampaikan, Pendaftaran TKK ini memang sedikit terlambat namun patut diapresiasi dan menjadi contoh bagi pemerintah daerah lainnya yang belum mendaftarkan pekerja kontrak mereka pada perlindungan program BPJS Ketenagakerjaan.

“Pada periode ini, TKK Pemerintah Kota Bekasi akan didaftarkan pada perlindungan untuk jaminan kecelakaan kerja dan jaminan kematian, sementara Tahun 2018 nanti juga akan didaftarkan pada program jaminan hari tua," katanya.

"Pada program perlindungan ini, Pemkot Bekasi akan menggunakan anggaran kas daerah untuk penganggaran iuran program perlindungan BPJS Ketenagakerjaan," terangnya.

Di samping itu, pada rangkaian kegiatan ini juga akan dilaksanakan penyerahan santunan kecelakaan kerja karyawan PT. Global Awal Bros atas nama Julaeka Leni dengan total santunan yang diterima langsung oleh suami (ahli waris) sebesar Rp 193.795.790.

Seperti diketahui, sampai bulan September 2017 ini, Kacab BPJS Ketenagakerjaan Bekasi Kota telah melindungi sebanyak 262.785 tenaga kerja aktif sektor formal dari 4.430 perusahaan aktif serta 8.401 tenaga kerja pada sektor informal atau Bukan Penerima Upah (BPU).

Sementara klaim jaminan yang telah dibayarkan totalnya mencapai Rp 256,91 miliar dengan rincian untuk JHT: Rp 241,55 miliar; JK: Rp 5,85 miliar; JP: Rp 73,41 juta; dan JKK: Rp 9,42 miliar.(ais/fzy)

Leave a comment

Make sure you enter all the required information, indicated by an asterisk (*). HTML code is not allowed.