Minggu, 17 Desember 2017

Ilustrasi/Istimewa Ilustrasi/Istimewa

5 Desa Terkena Proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung Featured

KARAWANG, TVBERITA.CO.ID- Lima Desa di Kabupaten Karawang, Jawa Barat, terkena proyek nasional pembangunan kereta api cepat Jakarta-Bandung. Pemerintah saat ini sedang merancang pembuatan Rencana Detail Tata Ruang (RDTR) di 5 desa tersebut untuk memulai pembangunan proyek kereta cepat.

"Rapat terakhir kita dengan pemerintah pusat sudah ditentukan 5 desa yang terkena proyek kereta cepat yaitu Desa Wanasari, Wanakerta,Wanajaya,Margakaya, Margamulya. Lima desa ini mulai dari perencanaan pembangunan yang berhubungan dengan kereta cepat akan dicantumkan secara detail dalam RDTR," kata Kepala Bappeda Karawang, Eka Sanatha, Selasa (10/10).

Menurut Eka Pemkab Karawang akan menyesuaikan RDTR yang dibuat oleh pemerintah pusat dengan pembangunan yang ada di Karawang. "Untuk mendukung itu tugas pemerintah daerah yaitu membuatkan izin lokasi. Nanti setelah 3 tahun berjalan akan kita evaluasi lagi," katanya.

Eka mengatakan dalam proyek kereta cepat ini, kabupaten Karawang akan memiliki stasiun pemberhentian dengan luas lahan mencapai 250 hektar. Lahan untuk stasiun tersebut berasal dari dua desa yaitu Desa Wanajaya dan Wanasari. Dengan adanya stasiun pemberhentian ini diharapkan bisa mendorong pertumbuhan ekonomi warga setempat.

Menurut Eka, lahan kereta cepat juga memakan lahan milik industri milik sejumlah perusahaan besar. Namun Pemkab Karawang sudah memfasilitasi pertemuan antara PT. Kereta Cepat Indonesia Cina (KCIC) dengan sejumlah perusahaan yang lahannya terkena lintasan kereta.

"Dari catatan kami ada lima perusahaan yang terkena proyek ini dan sudah kita pertemukan. Penyelesaian masalah ini Pemkab tidak mencampuri biar diselesaikan diantara mereka," katanya.(kb)

Leave a comment

Make sure you enter all the required information, indicated by an asterisk (*). HTML code is not allowed.