Sabtu, 21 Oktober 2017

Ilustrasi/Istimewa Ilustrasi/Istimewa

Polemik FDS, Tak Ada Penolakan Rekomendasi NU Featured

KARAWANG, TVBERITA.CO.ID- Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Kadisdikpora) Kabupaten Karawang  membantah menolak rekomendasi Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) soal Full Day School. Dadan dengan tegas menyampaikan untuk siswa tingkat SD, kegiatan pembelajaran DTA masih tetap bisa dilaksanakan.

Pasalnya, semua SD di Karawang tidak ada yang sekolah 5 hari, kecuali pendidikan dasar yang Swasta. Bahkan ia menyatakan, dalam rangka mendukung upaya pendidikan karakter anak- anak sekolah, pihaknya telah menyarankan semua sekolah memanfaatkan peran ulama, Kiai dan ustadz di lingkungan sekolah dan mendorong arahan serta bimbingannya.

“Tidak ada istilah penolakan atas saran dan rekomendasi PCNU, lagi pula DTA tetap berjalan seperti biasa, karena semua SD masih sekolah 6 hari. Sebelumnya, kita kan sudah dialogkan bareng Ketua NU. Saya jamin lah SD mah sekolahnya masih 6 hari kok," Kata Dadan.

Disinggung tingkat SMP dan SMA yang masih beberapa melaksanakan sekolah 5 hari atau Full Day School, menurut Dadan itu tidak ada masalah karena tidak menggagu DTA seperti hal nya SD. Ada beberapa SMP yang pulang sore, karena memang kekurangan RKB sehingga ada diantaranya yang masih dua Shift. Soal FDS atau tidak itu adalah pilihan yang diinginkan sekolah.

Jika pun FDS sampai ada yang membuat anak mundur sekolah karena ingin lebih fokus di Pesantren, ungkap Dadan, seharusnya hal tersebut tidak perlu terjadi.

“Pihak sekolah kan bisa mengurangi kegiatan ektrakulikulernya. Sekolah, diharapkan tidak menganjurkan anak banyak ektrakulikuler yang membuat anak pulang lebih sore.Tawarkan saja eskul pada anak yang mau saja, sehingga yang fokus di Pesantren masih banyak waktu di siang hari untuk pengajian dan kegiatannya,"pungkasnya.(nji)

Leave a comment

Make sure you enter all the required information, indicated by an asterisk (*). HTML code is not allowed.