Sabtu, 21 Oktober 2017

Kepala Desa Situdam Iwan Kurniawan bersama Bupati Karawang Cellica Nurrachadiana. Kepala Desa Situdam Iwan Kurniawan bersama Bupati Karawang Cellica Nurrachadiana. Foto Dede Jaenudin

Belum Terealisasi, Pembangunan Infrastruktur Baru 80 Persen Featured

KARAWANG, TVBERITA.CO.ID- Sekitar satu kilometer jalan poros di Desa Situdam belum terbangun. Sementara sebagian jalan poros dari arah Desa Jatisari menuju Desa Situdam sudah direalisasikan program reguler dari Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Karawang.

"Diperkirakan jalan poros antar desa di wilayah Desa Situdam sekitar satu kilometer lagi yang belum terealisasi. Nanti secara bertahap kita ajukan ke dinas terkait," ujar Kepala Desa Situdam, Iwan Kurniawan, kepada KORAN BERITA(Grup TVBERITA.CO.ID), Selasa(10/10) kemarin seusai ikuti acara Gebyar Paten di Kantor Kecamatan Jatisari.

Ia mengatakan, sarana transportasi publik jalan poros sangat vital perlu didahulukan oleh dinas terkait. Pasalnya, tiga wilayah desa ke arah Bendungan Barugbug merupakan wilayah pertanian. Sehingga keberadaan jalan poros menjadi kebutuhan utama para petani dan masyarakat.

"Ada tiga desa yang satu arah yakni Desa Jatisari, Dusun Bakan Sewi, Desa Situdam, dan Desa Barugbug yang perlu mendapat skala prioritas pembangunan fisik infrastruktur jalan poros," paparnya.

Menurutnya, dengan kondisi jalan bagus dan permanen akan mempermudah para petani mengangkut hasil panen. Sebaliknya, jika kondisi jalan tidak baik akan mempengaruhi daya jual gabah. Pasalnya, para tengkulak padi akan membeli gabah dengan murah harga, dengan alasan ongkos pengangkutan dua kalilipat.

Ia menjelaskan untuk wilayah Jalan Poros kearah Desa Balonggandu sudah terealisasi dengan kondisi jalan dicor.

"Jadi tidak ada kendala bagi para petani yang sawahnya berbatasan dengan areal pertanian Desa Balonggandu. Kini jalan poros sudah bagus dengan kondisi di cor," ujarnya.

Sementara, Rosadi, petani Dusun Bakan Jeunjing, Desa Barugbug, meminta Pemerintah Desa Barugbug segera mengajukan peningkatan jalan ke areal pertanian di wilayahnya.

"Diperkirakan sekitar 700 hingga 900 meter yang belum tersentuh pembangunan fisik ke arah Dusun Bakan Jeunjing Barugbug. Mohon kepada kepala desa untuk memperhatikan dengan serius, supaya pada musim hujan kondisi jalan tidak jeblog atau berkubang," ungkapnya, Rabu(11/10).

Sebelumnya, Bupati Karawang, Cellica Nurrachadiana, menyampaikan pembangunan infrastruktur jalan di wilayah Kecamatan Jatisari baru sekitar 70 hingga 80 persen."Kedepannya secara bertahap akan terselesaikan. Mari prioritaskan sarana transportasi publik di wilayah Kecamatan Jatisari," ujarnya. (dej/far)

Leave a comment

Make sure you enter all the required information, indicated by an asterisk (*). HTML code is not allowed.