Minggu, 19 November 2017

Ilustrasi/Istimewa Ilustrasi/Istimewa

DLHK Karawang Menyulap Sampah dari TPS Jalupang Featured

KARAWANG, TVBERITA.CO.ID- Menggandeng Tenaga Ahli dari Kabupaten Malang, Jawa Timur, Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) pada tahun 2018 akan mengembangkan gas methan, dari tumpukan sampah di Tempat Pembuangan Sampah Akhir (TPSA) Jalupang, Kecamatan Kotabaru.

 

 

Kepala Bidang Kebersihan, Pengelolaan Sampah dan Limbah DLHK Karawang, Nevi Fatimah mengatakan, sedikitnya 600 keluarga di sekitar TPSA Jalupang bakal menikmati gas gratis, untuk memasak dan menyalakan listrik dengan menggunakan gas methan.

"Kami telah melakukan uji coba, dan ternyata tumpukan sampah di Jalupang mampu menghasilkan gas methan yang cukup kuat," katanya.

Hanya dengan mengandalkan peralatan sederhana saat uji coba, ternyata gas methan ke luar dengan kuat bahkan mampu menyalakan obor raksaksa, kompor, dan menghasilkan tenaga listrik. Karena itu, DLHK optimis bisa mengembangkan potensi tersebut pada tahun 2018 mendatang.

"Kami menyadari, selama ini warga sekitar Jalupang sering menghirup udara tidak sedap dari tumpukan sampah itu. Kini, mereka layak untuk mendapatkan kompensasi berupa pemberian gas methan secara gratis," katanya.

Dijelaskan Nevi, uji coba yang dilakukan DLHK Karawang awalnya hanya untuk meningkatkan poin penilaian Adipura. Selain itu, untuk mengurangi dampak bau yang selama ini sering dikeluhkan masyarakat sekitar. Namun, setelah mengetahui potensi luar biasa dari tumpukan sampah itu, DLHK berniat memanfaatkan kandungan gas methan untuk kemaslahatan warga sekitar.

Maka demi menggali potensi tersebut, DLHK telah mengajukan anggaran sebesar Rp 3 miliar pada tahun 2018 mendatang. Dana tersebut nantinya dialokasikan untuk pengembangan teknologi penggalian gas methan, serta perluasan lahan TPSA Jalupang.

"Sebagian besar untuk membeli lahan perluasan TPSA Jalupang. Karena, saat ini TPSA Jalupang sudah over load," kata Nevi.

Saat ini, luas TPSA Jalupang mencapai 7 hektare. Karena kondisinya sudah melebihi kapasitas, DLHK berencana membeli lahan tambahan seluas 1 hektare. (put/ds)

Leave a comment

Make sure you enter all the required information, indicated by an asterisk (*). HTML code is not allowed.