Minggu, 17 Desember 2017

KERACUNAN MASSAL.21 Warga Jatibaru Diduga Keracunan Massal Kue Dongkal   KERACUNAN MASSAL.21 Warga Jatibaru Diduga Keracunan Massal Kue Dongkal Foto Dede

21 Warga Jatibaru Diduga Keracunan Kue Dongkal Featured

JATISARI, TVBERITA.CO.ID- Sekitar 21 orang warga Kampung Ciawi dan Sawah Baru yang tersebar di RT 02/08 serta RT 03/08 Dusun Sawah Baru, Desa Jatibaru, Kecamatan Jatisari Karawang diduga keracunan akibat memakan panganan Dodongkal yang dijual warga Dusun Sawah Baru bernama Ade(38), dengan cara berkeliling kampung sekitar pukul 07:00 Wib, Jumat(17/11).

Akibat adanya keracunan massal di Dusun Sawah Baru Desa Jatibaru membuat sibuk Tim Medis UPTD Puskesmas Pacing Jatisari melakukan penanganan medis terhadap para korban.

Menurut keterangan petugas Tim Medis UPTD Puskesmas Pacing Jatisari,H.Maman Darwis yang turun langsung menangani bersama Tim Medis Puskesmas Keliling membenarkan bahwa diduga kuat warga Dusun Sawah Baru Desa Jatisari mengalami keracunan akibat memakan kue Dodongkal yang dijual salah seorang warga.

 "Berdasarkan pemeriksaan memang korban mengalami gejala pusing dan mual. Ada sekitar 21 warga yang mengalami keracunan diantara anak-anak dan orang dewasa," ungkapnya di UPTD Puskesmas Pacing Jatisari.

Dikatakan Maman, berdasarkan data yang sudah diterima dan sudah dilakukan pengobatan terhadap korban. Semua korban sudah dilakukan pengobatan. Namun ada satu warga yang dibawa ke UPTD Puskesmas Jatisari bernama Ayub(59) warga Dusun Sawah Baru RT 03/08.

Untuk korban yang lainnya sudah ditangani Tim Medis diantaranya, Nita (17), Diki (45), Idah Hamidah (36), Much Algojali(9), Aminah(40), Yuyun (7), Jidor(40), Calim(58), Ombi (50), Mirah(65), Nia(13), Eli(50), Anis(40), Rahmat(36) Hj.Neng (40), Aminah (40), Udin (70), Uduy(60), Wana(18), Mirah(65).

"Jadi total ada 21 korban termaduk Ayub yang dirawat di Puskesmas Jatisari,"tandasnya.

Ditempat terpisah Petugas Medis UPTD Puskesmas Jatisari Fahmi Sihabunilah yang menangani Ayub mengatakan bahawa adanya dugaan keracunan massal tersebut dapat sebagai Kejadian Luar Biasa( KLB). "Yah ini katagori KLB, yang dirawat di Puskesmas Jatisari hanya satu orang yakni Ayub,"katanya.

Dia menjelaskan terkait bahan kimiawi yang terkandung dari makanan yang disantap warga sehingga mengakibatkan keracunan belum bisa disampaikan kepada publik.

 "Setelah hasil uji lab baru dapat diketahui. Untuk sekarang hasilnya masih kita tunggu zat apa sajayang mengakibatkan keracunan," katanya.

Sementara Ayub saat diminta keterangan sama wartawan. ia menyampaikan bahwa setelah memakan kue Dodongkal sekitar pukul 07:00 WIB, Kamis(17/11). Selang satu jam setelah memakan kue itu langsung buang air besar terus menerus kemudian kepala pusing dan mual mual serta muntah.

 "Kepala pusing,perut terasa mual dan muntah-muntah. Tapi sekarang agak mendingan setelah dirawat di Puskesmas Jatisari," singkatnya.(dej/ris)

Leave a comment

Make sure you enter all the required information, indicated by an asterisk (*). HTML code is not allowed.