Sabtu, 22 September 2018

Jalur Mudik Aman, Pastikan Kejadian Tol Brexit Tidak Terulang

PURWAKARTA, TVBERITA.CO.ID- Kapolri Jenderal Tito Karnavian bersama Panglima TNI Hadi Tjahjanto, Ketua DPR RI dan sejumlah Menteri dan sejumlah pejabat TNI/Polri mengunjungi Pos Terpadu Operasi Ketupat Lodaya 2018 di Kabupaten Purwakarta yang berada tepat di jalur pintu tol Cikopo Purwakarta.

Kapolri datang menggunakan 3 helikopter milik TNI/Polri yang mendarat di lapangan helipad tepat berada di belakang Pos Cikopo Minggu (10/6).

Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian , Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, hadir beserta Menteri PUPR Basuki Hadimuljo, Menkes Nila F. Moeloek, Menko PMK Puan Maharani, Ketua DPR Bambang Soesatyo, Kapolda Jabar Irjen Pol Agung Budi Maryoto dan sejumlah jajaran TNI/Polri.

Kapolri Jenderal Tito Karnavian mengatakan, pihaknya telah mengevaluasi seluruh permasalahan yang ada disepanjang jalur mudik.

"Kita pastikan bahwa jalur yang akan digunakan pemudik lancar dan tidak ada masalah, kita sudah mengevaluasi dari hasil tahun 2017,"jelasnya.

"Tadi di Bekasi ada penyempitan karena ada pengerjaan proyek. Tapi (proyek itu) sudah diberhentikan sebelumnya oleh Pak Menteri PUPR. Namun tetap masih ada imbasnya. Selepas itu lancar. Masuk ke Cipali ada kepadatan lagi. Ternyata gara-gara banyak yang antre mau ke rest area," ujar Tito saat memberi arahan di Posko Terpadu Cikopo, Purwakarta, Minggu (10/6/2018).

Tito mengatakan, pihaknya sudah memberi instruksi kepada bawahannya agar titik-titik yang rawan menjadi penyebab kepadatan ditambah personel untuk melakukan pengaturan. Terutama di Bekasi dan Tol Cipali.

Tito memprediksi, akan ada lonjakan signifikan volume kendaraan di jalur mudik.

Ini terutama akan berlangsung mulai dari GT Cikarang Utama dan Tol Cipali terjadi pada Minggu siang hingga Senin (11/6/2018) malam.

"Maka dari itu perlu disiagakan semuanya. Terutama di jam-jam siang ini sampai besok malam. Arus puncak harusnya kemarin di sini, kalau sekarang sudah masuk Jawa Tengah. Tanggal 13 dan 14 Juni akan lengang, karena terforsir dua hari ini," kata dia.

Tito menambahkan, kesiapan aparat gabungan bekerja sama dengan berbagai stakeholder sudah disiapkan matang jauh-jauh hari. Karena itu, kejadian Brexit dua tahun lalu dipastikan tidak akan terulang.

"Posko kesehatan siap, BBM disiapkan, personel siap. Semuanya sudah sangat siap. Saya kira pelaksaan mudik tahun ini sangat baik. Mulai dari infrastrukturnya juga sangat bagus. Artinya infrastruktur yang dibangun Bapak Presiden dengan Pak Menteri PUPR membantu sekali pelaksanaan arus mudik ini," katanya.

"Sementara permasalahan yang ada di lapangan kita telah lakukan tindakan pengamanan. Sebelumnya operasi pekat dan mengamankan preman sudah kita lakukan, jadi kami pastikan pemudik aman,"jelasnya.

"Begitu juga untuk pengamanan pangan, kita telah bentuk team. Bila kami menemukan lonjakan harga dan penumpukan bahan pangan maka akan ada tindakan tegas. peran serta masyarakat juga kami harapkan untuk tetap ikut menjaga wilayahnya kondusif,"tegasnya.

Sementara itu, Ketua DPR RI Bambang Soesatyo mengapresiasi kesiapan dalam arus mudik yang menggunakan jalur tol Cikopo hingga Cipali.

"Dari pemaparan Kapolda Jabar, kami meyakini bahwa arus mudik yang berada di sepanjang jalur Jabar akan baik dan lancar,"jelas Bambang.

"Semua ini merupakan hasil dari kerja sama seluruh pihak dan saya mengapresiasi kerja Kapolda Jabar"tegasnya. (trg/dbs)

 

 

MORE

Melarikan Diri ke Sumatera, Pelaku Pembunuhan Bocah di Karawang Ditangkap

Melarikan Diri ke Sumatera, Pelaku Pembunuhan Bocah di Karawang Ditangkap

KARAWANG, TVBERITA.CO.ID- Polres Karawang bergerak cepat melakukan penyelidikan...