Senin, 10 Desember 2018

Jika Ketahuan Reses Sambil Kampanye, Ini Konsekwensi untuk Caleg

KARAWANG, TVBERITA.CO.ID- Massa reses ketiga 50 anggaran DPRD Karawang sudah dimulai sejak Senin (3/12) kemarin. Hati-hati, jika ada wakil rakyat yang melakukan aktivitas kampanye saat reses bisa terjerat hukum bahkan dipenjara.

Bawaslu Karawang paham akan riskannya reses ditunggangi agenda kampanye oleh para caleg inkumben yang saat ini masih duduk menjadi wakil rakyat. Ia mewanti-wanti reses diselenggarakan menggunakan uang negara, dan jika diselipi agenda kampanye jelas merupakan pelanggaran.

"Reses tidak boleh ditumpangi oleh kampanye. Reses itu menggunakan uang negara, dan mobilpun mobil negara," ucap ketua bawaslu Karawang, Kursin Kurniawan, Selasa (4/12) usai rapat hearing dengan DPRD Karawang.

Lanjut Kursin, tetapi ia menjelaskan kampanye sah-sah saja asalkan di luar atau setelah selesai kegiatan reses. Menurutnya, reses hanya untuk kegiatan menjaring aspirasi konstituemn dan masyarakat serta menyosialisasikan produk hukum yang sudah disahkan DPRD.

"Ketika dalam kegiatan resesnya tidak boleh, tetapi setelah kegiatan reses boleh, tapi dengan konteks blusukan," ucapnya. Dikatakannya, bagi yang melanggar akan dikenakan sanksi, dilihat dari jenis pelanggarannya apakah masuk ke pidana atau administratif. Dilihat apakah melanggar Undang-undang Pemilu atau PKPU.

"Tolong semua dewan waktu reses itu jangan ditumpangi dengan kampanye, karena reses itu memakai uang negara. Maka setiap dewan paham dulu lah, kalau reses, reseslah, jangan disisipi dengan kampanye," pungkasnya.(kb)

MORE

Dalam Era Revolusi 4.0, Paradigma Perlindungan Pekerja Perlu Diubah

Dalam Era Revolusi 4.0, Paradigma Perlindungan Pekerja Perlu Diubah

JAKARTA, TVBERITA.CO.ID- Selain berdampak trehadap perubahan model bisnis, perke...