Kamis, 22 November 2018

Kampanye Pilkades, Polisi Imbau Calon Jangan Ada Intimidasi

BATUJAYA, TVBERITA.CO.ID- Pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di Kabupaten Karawang tinggal menghitung hari.

Berbagai tahapan sudah dilalui oleh para kandidat calon. Mulai dari masa pendaftaran, penyampaian visi misi dan kampanye. Selama tiga hari terhitung sejak Senin(05/11) hingga Rabu (07/11), suhu politik di 67 Desa yang menggelar hajatan Pilkades semakin memanas.

Masing masing kandidat calon Kades melakukan kampanye dengan berbagai cara untuk menjaring massa pemilih. Seperti halnya di Desa Telukbango, Kecamatan Batujaya, Karawang, ribuan orang mengenakan kaos oblong biru bertuliskan "Ogah Ganti Lurah" melakukan long march keliling lingkungan desa.

Sambil menggunakan sepeda motor dan kendaraan roda 4 serta mobil odong-odong, mereka mengelu-elukan calon kades pilihannya Subur Suhada nomor urut 1. "Saat ini ribuan motor ditambah ratusan mobil meramaikan kampanye calon kades dukungan kita, Nomor 1 Subur Suhada," ungkap Jon, salah seorang pendukung calon kades, Senin (05/11).

Setelah melakukan long march, calon bernomor 1, Subur Suhada, yang ikut serta warga mencoba mendengarkan keluh kesah terkait kondisi desa. Nantinya, hal itu menjadi catatan penting dalam menyusun agenda pembangunan jika dirinya terpilih.

Selanjutnya, mereka berkomitmen terlibat Pilkades yang damai. "Kami ingin memberikan contoh kepada warga untuk terlibat dalam membangun desa, salah satunya kegiatan sosial," kata Subur Suhada. Subur Suhada berkomitmen akan mengentaskan kemiskinan di desanya.

Dengan rata-rata, warga di desanya bermata pencaharian sebagai petani dan buruh. Desa Telokbango tersebut saat ini memiliki DPT 6.488 suara diperebutkan oleh 2 calon. Mereka berlomba-lomba mendapatkan simpati untuk menjaring suara dari masyarakat. Secara khusus Subur Suhada, menyatakan optimismenya menjaring lebih dari 50 persen suara untuk memenangkan Pilkades tahun ini.

"Melihat antusiasme masyarakat, saya yakin bisa melanjutkan tugas menjadi kepala desa Telukbango kedepannya," tegasnya. Terpisah, Kapolsek Batujaya, AKP Edi Karyadi, mengatakan, pelaksanaan pilkades serentak khususnya di Kecamatan Batujaya menjadi perhatian serius pihak Polsek Batujaya.

Pihaknya pun mengimbau agar para kandidat calon kepala desa ikut menjaga suasana kondusif di wilayahnya masing masing. Para calon Kades dihimbau jangan sampai melakukan intimidasi kepada warga pada saat meminta dukungan. Karena menurutnya pihak Kepolisian dituntut netral dalam hal ini.

"Kalau ada ancaman ke calon kades atau intimidasi warga, laporkan ke kami. Kalau lapor nanti bisa kita proses hukum. Itu senjata terakhir, kalau bisa dirembug ya dirembug. Jika ada anggota polisi yang tidak netral, atau memihak salah satu calon kades, laporkan saya," pungkas AKP Edi Karyadi.(kb)

MORE

Heboh Video Mesum Siswi, Satpol PP dan Polisi Diminta Razia Hotel Melati

Heboh Video Mesum Siswi, Satpol PP dan Polisi Diminta Razia Hotel Melati

KARAWANG, TVBERITA.CO.ID- Pasca terungkapnya video mesum anak sekolah dan kasus-...