Rabu, 21 November 2018

Kecamatan Karawang Barat Keluhkan Kuota Blanko e-KTP

KARAWANG, TVBERITA.CO.ID- Kecamatan Karawang Barat mengeluhkan sedikitnya jumlah kuota blanko e-KTP yang hanya diberikan 40 buah perharinya.

Sementara, Pengurusan e-KTP di kantor Kecamatan Karawang Barat, Jalan Lingkar Luar Tanjungpura Karawang, Jawa Barat, terus membludak.

Dalam sehari masyarakat yang datang untuk mendaftar dapat mencapai kurang lebih 400 orang.

Meski demikian, Kasi Pelayanan Umum Kecamatan Karawang Barat Oyok, SH, mengatakan meskipun warga membludak, pihaknya tetap memberikan pelayanan prima kepada warga yang akan melakukan pengurusan e-KTP.

"Sehari warga yang datang bisa mencapai 400 orang lebih, sedang Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil hanya memberikan jatah kepada kami 40 buah e-KTP saja untuk 40 orang. Masih kurang tentunya,"ungkapnya saat ditemui Koran Berita disela-sela kesibukannya melayani warga yang datang.

Oyok menyebutkan, sejak tiga hari diberlakukannya pengurusan e-KTP di Kantor Kecamatan. Kecamatan Karawang Barat sendiri sudah menampung pengajuan pendaftaran e-KTP hingga 1200 orang lebih, dengan nomor pendaftaran hingga 15 November 2018 mendatang dan jam pelayanan dari pukul 08.00 hingga pukul 16.00 WIB.

"Semua yang datang kami layani, meski kuota blanko e KTP begitu sedikit atau terbatas. Kami hanya tidak ingin warga kecewa karena nanti seluruh pelayanan harus menggunakan e-KTP. Meski mereka harus menunggu lama,"ujarnya.

Dijelaskan juga oleh Oyok, pihaknya terlebih dahulu mengutamakan blanko e-KTP untuk warga yang memiliki surat keterangan (Suket) di bulan Agustus 2017.

"Ya, kita utamakan yang lama dulu, yang dari tahun 2017 dulu,"ulasnya.

Oyok menambahkan untuk memaksimalkan pelayanan kepada seluruh masyarakat, pihaknya tetap membuka kantor dihari libur yaitu sabtu dan minggu.

"Dengan banyaknya kemudahan dan perpanjangan pelayanan, saya berharap warga antusias untuk segera mengurus pembuatan e-KTP nya," Ucap Oyok.

Namun demikian, Oyok sangat berharap, Dinas kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Karawang dapat menambah kuota blanko e-KTP menjadi 80 buah. mengingat, jumlah warga masyarakat Kecamatan Karawang Barat yang banyak.

"Solusi dari kecamatan dengan tetap menampung pengajuan dari masyarakat. Namun diberikan ke Disdukcatpil tetap per termin. Akan tetapi, jika bisa kami meminta naikkan kuota. Karena kasian masyarakat harus menunggu lama,"paparnya.

Terakhir diterangkannya, untuk persyaratannya warga cukup membawa Surat Keterangan (Suket) yang asli dan satu lembar fotocopy, juga Kartu Keluarga asli dan satu lembar fotocopy. "Dan semua pengurusan e-KTP ini gratis tidak dipungut biaya,"pungkasnya.(nin/ris)

MORE

Karang Taruna Kayuringin Jaya Bersih-bersih Rumah Ibadah

Karang Taruna Kayuringin Jaya Bersih-bersih Rumah Ibadah

KOTA BEKASI, TVBERITA.CO.ID- Kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara ha...