Beranda Regional Kekeringan Melanda, BPBD Karawang Cari Sumber Mata Air

Kekeringan Melanda, BPBD Karawang Cari Sumber Mata Air

KARAWANG, TVBERITA.CO.ID- Sumber mata air di Dusun Cikamunding Desa Cintawargi Pangkalan, dinilai masih belum cukup untuk mengatasi masalah kekeringan yang melanda Kecamatan Pangkalan dan Tegalwaru.
 
Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (DPBD) Karawang, Asep Wahyu Suherman mengatakan, pihaknya kini masih terus mendeteksi sumber-sumber air lain disekitar wilayah kekeringan.
 
“Kami mencari potensi sumber air ditempat itu untuk kemudian dibuatkan sumur bor dan dilakukan pipanisasi bagi kepentingan warga,” ucapnya. Senin(15/10) di ruang kerjanya.
 
Dikatakannya, BPDB tengah fokus menanggulangi sejumlah kecamatan yang masih dilanda krisis air diantaranya kecamatan Ciampel, Tegalwaru dan Pangkalan.
 
Fokus atasi kekeringan air bersih, sementara untuk kepentingan pertanian ada pada wilayah Balai Besar Wilayah Sungai(BBWS).
 
“Kendala yang dihadapi diantaranya, keberadaan tangki air milik pemda Karawang yang hanya ada 1 unit dengan kapasitas 5 ribu liter. Antisipasi kekeringan untuk kecamatan Pangkalan dibantu oleh PT. Esa Kertas, pula untuk wilayah Ciampel, seharusnya wilayah kecamatan Ciampel bisa dibatu oleh kawasan KIM,” tuturnya.
 
Asep pun berhak agar perusahaanya yang berada disekitar desa kekeringan peduli berpartisipasi aktif melalui camat setempat dalam membantu warga yang tengah dilanda kesulitan air bersih.
 
“Dengan kerjasama dan koordinasi semua stakeholder saya yakin kekeringan ini bisa segera diatasi dan tidak terjadi kembali berulang ulang karena telah diantisipasi sebelumnya,” pungkasnya. (kb)