Sabtu, 22 September 2018

Lulusan SMP Kalah Saing dengan MTs Masuk Sekolah Negeri

RENGASDENGKLOK, TVBERITA.CO.ID- Menjadi dambaan setiap orang tua murid untuk bisa menyekolahkan anak-anaknya di sekolah Negeri atau sekolah favorit, tetapi akan menjadi satu ke khawtiran jika persaingan untuk bisa masuk ke sekolah-sekolah favorit tersebut sangatlah ketat.

Bukan hanya bersaing dengan sesama lulusan SMP untuk bisa masuk ke SMK atau SMA Negeri, tetapi para Lulusan MTs saat ini juga menjelma menjadi pesaing tangguh bagi para lulusan SMP Negeri dan Swasta di Karawang.

Pasalnya sudah 3 tahun terakhir dominasi MTs sangat terlihat dalam setiap PPDB di Kabupaten Karawang, Khususnya di daerah Karawang Utara hal tersebut diutarakan oleh Kepala SMKN 1 Rengasdengklok, Wawan Cakra.

"Untuk tahun ini saya belum tau karena masih berlangsung, 2 tahun terakhir benar menurut jumlah hampir sama. Karena jumlah lulusan SMP lebih banyak jadi menurut persentasi murid dari MTs lebih tinggi diterima dari pada murid lulusan SMP," kata Wawan, Sabtu (10/06).

Menurutnya dalam hal ini ia hanya sebagai pihak penerima para pendaftar dan hanya melaksanakan penerimaan sesuai dengan aturan yang ada.

"Memang nilai ujian anak lulusan MTs itu lebih tinggi dari nilai ujian anak lulusan SMP," katanya lagi.

Wawan menambahkan beberapa waktu silam dirinya pun pernah mengutarakan hal tersebut kepada Disdik Karawang yang saat itu Kepala Bidangnya masih di jabat oleh Nandang Mulyana.

"Saya pernah bilang dan menanyakan kenapa Nilai ujian anak lulusan SMP pada umumnya selalu kalah bersaing dari anak lulusan MTs. Dan menurut saya hal ini menjadi baik untuk MTs dan Kementerian Agama bila peningkatan nilai ujian lulusan MTs dilakukan dengan cara yang benar dan tidak melakukan kecurangan," pungkasnya.

Sementara itu salah seorang kepala SMP di Karawang yang enggan namanya dikorankan membenarkan fenomena lulusan SMP kalah bersaing oleh lulusan MTs dalam 3 tahun terakhir ini.

"Ya sudah 3 tahun ini kita kalah saing dengan MTs untuk bisa masuk ke SMA atau SMK Negeri, tetapi untuk tahun ini seimbang," tegasnya beberapa waktu lalu. (yay/ris)

MORE

Melarikan Diri ke Sumatera, Pelaku Pembunuhan Bocah di Karawang Ditangkap

Melarikan Diri ke Sumatera, Pelaku Pembunuhan Bocah di Karawang Ditangkap

KARAWANG, TVBERITA.CO.ID- Polres Karawang bergerak cepat melakukan penyelidikan...