Beranda Regional Mahasiswa Bicara Pentingnya Pendidikan Politik Sejak Dini

Mahasiswa Bicara Pentingnya Pendidikan Politik Sejak Dini

KARAWANG, TVBERITA.CO.ID- Di zaman ini, banyak generasi milenial terjebak di tahun politik dalam menentukan peran dan posisi sebagai warga negara dalam memilih pemimpin.

Dengan kata lain generasi milenial terlebih yang baru pertama kali memilih mudah untuk memilih yang bukan berdasarkan hati nurani. Pentingnya pendidikan politik untuk dapat menjawab keterjebakan itu.

Pendidikan politik mengajarkan kepada seluruh warga negara untuk mengetahui politik itu apa, keterampilannya bagaimana, serta memakai nilai prosedural.

Hal tersebut disampaikan oleh Feri Rizwan, Anggota Bidang Eksternal PC PMII Karawang kepada Koran Berita disela – sela Kegiatan Seminar Ilmiah Pendidikan Politik Universitas Singaperbangsa Karawang.

Dimana menurutnya, pendidikan politik sudah sepantasnya diajarkan di dunia pendidikan sejak dini, baik pendidikan formal maupun pendidikan nonformal atau informal. Sehingga generasi milenial dapat mempersiapkan diri dalam perubahan suatu bangsa.

“Jika perlu insfraktuktur negara, misalnya ormas, partai politik, LSM, dan sebagainya diwajibkan untuk melaksanakan program pendidikan politik kepada generasi milenial tersebut,”ulasnya.

Lebih lanjut ia mengatakan, Penanaman pendidikan politik sejak dini akan melahirkan penerus bangsa yang mempunyai prinsip, nilai, moral dalam kepemimpinnya nanti.

Kemajuan suatu bangsa tidak bisa dilakukan ketika tidak mempersiapkan regenerasi seorang pemimpin.

“Tanamkan pendidikan politik sejak dini. Beritahukan politik itu tidak sekotor ucapan-ucapan politisi yang tidak legowo. Melainkan untuk mengenalkan politik itu seperti udara, yang semua orang dapat menghirupnya.Artinya, politik itu suatu kebutuhan selama kita masih menghirup udara,”pungkasnya. (nna/ris)