Kamis, 22 November 2018

Mandaya Hospital Karawang Gelar Seminar Tumbuh Kembang Anak

KARAWANG, TVBERITA.CO.ID- Mengikuti kemajuan dari tahapan demi tahapan perkembangan anak sangat penting bagi kedua orang tua. Sesibuk apapun sebaiknya orang tua harus memiliki catatan khusus, yaitu tentang ketrampilan motorik dan mental yang seharusnya sudah dimiliki seorang anak sesuai tingkat perkembangan seusianya.

Demikian disampaikan Direktur Utama Mandaya Hospital, dr. Aditya Angga Darma dalam sesi wawancara dalam kegiatan Seminar Kesehatan “Tumbuh Kembang Anak”, Kamis (8/11) pagi.

Aditya menjelaskan, setiap anak memang unik dan tidak akan sama persis untuk waktu pencapaian perkembangan motoriknya dan mentalnya. Tetapi hampir sebagian besar anak-anak yang lahir tanpa komplikasi atau tanpa cedera pada sistem syaraf pusatnya, maka anak-anak akan memiliki pola perkembangan motorik dan mental yang kurang lebih sama.

“Perkembangan anak sangat penting untuk kita pantau baik pertumbuhan secara fisik, perkembangan mental psikologis dan kemampuan motoriknya. Ada banyak sekali panduan yang bisa digunakan. Mulai dari bayi baru lahir hingga melewati masa balita. Jika keterlambatan pemantauan ini baru disadari ketika anak sudah berusia lebih dari 2 tahun maka upaya untuk mengejar ketinggalan tersebut agak sulit tetapi tetap bisa dilakukan dengan konsultasi pada tenaga kesehatan,” ungkap Aditya.

Adit melanjutkan, proses pertumbuhan anak perlu diketahui secara berkala. Peningkatan pertumbuhan dan perkembangan anak mulai dari usia 0 bulan sampai 18 tahun, dimana usia 0 sampai 5 tahun merupakan usia yang sangat penting pada proses ini. Pada usia ini pertumbuhan fisik, perkembangan system motorik, system sensorik, dan perilaku bila terjadi gangguan akan berdampak sangat besar dan sulit untuk dikoreksi jika terlambat dilakukan pengobatan.

“Sebagai salah satu bukti kepedulian terhadap anak, rumah sakit kami telah menyediakan layanan klinik tumbuh kembang anak dengan konsep pelayanan yang diberikan secara terpadu dan terintegrasi untuk memenuhi kebutuhan orang tua mengenai informasi yang berhubungan dengan tumbuh kembang anak dan permasalahanya, sehingga mendapatkan penanganan yang tepat dan akurat oleh tim tumbuh kembang yang professional serta didukung oleh fasilitas pelayanan yang lengkap seperti ruang konsultasi dokter spesialis anak, konsultasi psikolog, konsultasi rehabilitasi medis, terapi wicara, terapi okupasi, sensorik integrasi dan hidroterapi,” ungkapnya.

Lebih jauh lagi ia mengatakan, pemberian pelayanan dan tindakan yang professional akan mempengaruhi kondisi dan rasa nyaman pasien.

Dengan adanya beberapa pelayanan rumah sakit serta khususnya layanan baru Klinik Tumbuh Kembang, ia berharap Mandaya Hospital bisa memberikan banyak informasi bagi masyarakat sekitar Karawang tentang pentingnya memantau dan menjaga kesehatan anak sejak dini, untuk membangun generasi muda penerus bangsa yang cerdas dan sehat, demi Indonesia yang lebih baik.(nji/ris)

 

MORE

Heboh Video Mesum Siswi, Satpol PP dan Polisi Diminta Razia Hotel Melati

Heboh Video Mesum Siswi, Satpol PP dan Polisi Diminta Razia Hotel Melati

KARAWANG, TVBERITA.CO.ID- Pasca terungkapnya video mesum anak sekolah dan kasus-...