Beranda Regional Menteri BUMN Borong Telur Asin Hasil Binaan Pupuk Kujang Cikampek

Menteri BUMN Borong Telur Asin Hasil Binaan Pupuk Kujang Cikampek

KARAWANG, TVBERITA.CO.ID- Binaan Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL) PT Pupuk Kujang Cikampek (PKC) yang merupakan telor asin Batik Karawang (Bakar) diborong oleh Menteri BUMN, Rini Sumarno saat  panen raya di kantor Desa Lemahduhur, Kecamatan Tempuran.

Rini Soemarno membeli 400 butir telor asin Bakar. Selanjutnya Menteri membagikan kepada puluhan petani yang hadir dari wilayah Karawang. “Tadi bawa sekitar 1.000 telor asin.  Terus diborong bu Menteri sekitar 400 butir,” kata Suhara Iskandar pelaku usaha telor asin Bakar kepada Tvberita.co.id, Kamis(19/04). 

Suhara mengatakan telor asin Bakar merupakan binaan Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL) PT Pupuk Kujang Cikampek (PKC) sejak satu tahun terakhir.  Dirinya diberikan pelatihan dan permodalan oleh perusahaan BUMN bidang pupuk itu. 

“Harga satu butirnya Rp8.000,” katanya. 

Telor asin bakar adalah telor asin yang dilakukan pembatikan menggunakan double tape yang dibentuk pola batik seperti pola padi, daun dan bunga.  Kemudian dilanjutkan dengan proses pengovenan.

“Jadi nanti untuk telor asin yang ditutup double tape akan berawarna cokelat ketika di bakar. Yang tidak ditutup akan berwarna aslinya. Rasa telor asin kita khas seperti asap tidak amis,” kata dia.(KB)