Jumat, 21 September 2018

Panwas Pesimis ke Disdukcatpil, Kadis: Kami Siap Jemput Bola

KARAWANG, TVBERITA.CO.ID- Panitia Pengawasan Pemilihan Umum (Panwaslu) Kabupaten Karawang menemukan ada 10.707 pemilih pada Pemilihan Gubernur (Pilgub) Propinsi Jawa Barat tahun 2018 yang belum memiliki e-KTP dan surat keterangan (Suket) atau belum melakukan perekaman e-KTP.

Syarif Hidayat, Ketua Panwaslu Kabupaten Karawang mengaku pesimis jika Disdukcatpil akan mampu menyelesaikan perekaman tersebut, mengingat terbatasnya waktu hanya sekitar kurang lebih 6 hari ke depan. Dimana penetapan Daftar Pemilih Tetap akan ditetapkan pada tanggal 18 April 2018 mendatang.

"Menurut kami seharusnya KPU melakukan judicial review kaitan dengan persyaratan pemilih yang mengharuskan pemiilih memiliki KTP Elektronik sebagaimana yang tercantum dalam UU No. 10 tahun 2016,"jelasnya.

Menanggapi temuan tersebut, Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Karawang Yudi Yudiawan mengatakan, pihaknya akan terus mengoptimalkan layanan jemput bola bagi para pemilih tersebut.

Terlebih lanjutnya, para pemilih yang belum dapat e-KTP itu sudah masuk dalam Data Penduduk Potensial Pemilih Pemilu (DP4). Yudi optimis dengan metode jemput bola ini, pihaknya akan mampu menyelesaikan perekaman dalam waktu yang tidak lama.

"Kami jemput bola dan terus menerus mendorong masyarakat untuk melakukan perekaman di kecamatan atau Dinas Dukcapil. Kalau masyarakat pasif, tentunya kami juga tidak bisa apa-apa," kata Yudi beberapa waktu lalu kepada Koran Berita.

Menurut Yudi, saat ini, pihaknya telah membentuk tim untuk mengoptimalkan layanan jemput bola tersebut. Dengan bekerjasama dengan instansi terkait dalam hal ini adalah pihak Kecamatan, Kelurahan/desa, sampai ke tingkat RT/RW.

"Karena, bagaimanapun kami tidak akan mampu bekerja maksimal tanpa bersinergi dengan pihak- pihak tersebut. Dan sudah dua hari ini kami terus bekerja lembur hingga malam hari untuk dapat menyelesaiakan perekaman e-KTP," kata dia.

Yudi menambahkan, dari 10.707 masyarakat yang belum melakukan perekaman e-KTP, sebanyak 1779 adalah dari kalangan pemilih pemula. Meski demikian, para pemilih pemula tersebut telah semuanya masuk ke dalam DP4.

Dan untuk pemilih pemula ini, pihaknya terus fokus ke sekolah - sekolah menengah atas atau kejuruan, dan pada saat tiba hari pemilihan nanti yaitu ditanggal 25 Juni 2018, ia menegaskan akan standby di kantor Disdukcatpil untuk memberikan pelayanan kepada pemilih pemula yang bertepatan pada tanggal tersebut yang sudah memiliki usia yang cukup sebagai pemilih.

"Kami akan standby di kantor, agar para pemilih pemula ini nantinya tetap mendapatkan hak pilihnya, kami akan sediakan surat keterangan dari Disdukcatpil kepada mereka,"jelasnya.

Yudi juga memaparkan, terhitung sejak rapat pleno bersama Bupati Karawang dan Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Karawang, pihaknya optimis mampu menyelesaikan sebelum Daftar Pemilih Tetap (DPT) ditetapkan. Bahkan saat ini selama dua hari berturut-turut, Disdukcatpil telah merekam sebanyak 1639 masyarakat pemilih dengan sisa 9068 masyarakat pemilih yang belum terekam.

"Hasil perekaman selama dua hari ini, dari 10.707 ribu, sudah terekam sebanyak 1639 belum dikurangi jumlah pemilih pemula yang mencapai 1779, karenanyalah kami yakin mampu menyelesaikan perekaman ini,"tandasnya.

Terakhir disampaiakannya, selain berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait, tentunya diperlukan juga dukungan aktif masyarakat untuk mempercepat layanan data kependudukan seperti e-KTP.

"Yang perlu untuk terus didorong adalah peran aktif masyarakat untuk segera merekam datanya. Kami, Dukcatpil sudah pro aktif. Sampai sekarang perekaman data warga yang belum merekam jalan terus. Tapi masyarakat juga harus proaktif datang," katanya. (nin/ds)

 

MORE

Melarikan Diri ke Sumatera, Pelaku Pembunuhan Bocah di Karawang Ditangkap

Melarikan Diri ke Sumatera, Pelaku Pembunuhan Bocah di Karawang Ditangkap

KARAWANG, TVBERITA.CO.ID- Polres Karawang bergerak cepat melakukan penyelidikan...