Beranda Regional Pemerhati Budaya Bekasi Perkenalkan Sejarah Bekasi Pada Masyarakat

Pemerhati Budaya Bekasi Perkenalkan Sejarah Bekasi Pada Masyarakat

BEKASI, TVBERITA.CO.ID- Masih dalam momentum peringati hari pahlawan di bulan November. Komunitas Historika Bekasi menggelar Festival Bekasi Tempo Doeloe.

Dalam festival tersebut, pertunjukan budaya dan sejarah Bekasi coba diperkenalkan ke masyarakat luas. Salah satu juri Lomba Rebut Dongdang adalah Pemerhati Budaya Bekasi Rahmat Malik menyampaikan, “event luar biasa, bayangkan saja di tengah arus budaya luar yang sulit dibendung masuk ke Bekasi, panitia masih memepertahankan budaya betawi Bekasi yaitu rebut dongdang.

“Yang tujuan diadakan lomba ini tak lain dan tak bukan sebagai benteng pertahanan budaya agar para generasi muda jangan lupa dengan budayanya sendiri ,” ungkap Pemerhati Budaya Bekasi, Rahmat Malik saat dikonfirmasi Berita Bekasi, Selasa (13/11/18). Lebih lanjut, Rahmat Malik yang juga menjabat sebagai penasehat Gerakan Moral Silaturahmi Pelestari Silat Budaya Bekasi ini turut apresiasi.

“Saya sendiri bangga dan salut ternyata lomba ini banyak diikuti oleh masyarakat Bekasi dan sekitarnya, tercatat hampir 18 padepokan dan sanggar yang mengikuti lomba ini, ini menandakan warga Betawi dan Bekasi masih cinta budayanya,” bebernya. Ketua Panitia Muhsinin Mabrur mengatakan, Festival Bekasi Tempo Doeloe baru pertama kali, bertempat di Gedung Juang Tambun, Jalan Sultan Hasanudin, Tambun Selatan, Kabupaten Bekasi.

“Acara ini segaja kita gelar untuk menunjukkan kepada masyarakat tentang budaya dan sejarah Bekasi tempo dulu, pemilihan lokasi acara di Gedung Juang Tambun bagian memperkenalkan secara luas salah satu bangunan tua di Bekasi,” kata Muhsinin. Acara di antaranya talkshow bertema sejarah Bekasi yang menghadirkan Endra Kusnawan penulis Buku Sejarah Bekasi. Disambung lomba rebut dandang, salah satu budaya khas Bekasi.

“Kita juga menampilkan kelompok seni dari teman-teman pelajar di daerah Bekasi, lalu juga ada penampilan musik dan tari dari penggiat seni di Bekasi,” sambung Muhsinin. Sebelum acara dimulai, pertama-pertama melakukan upacara bendera, lalu mengheningkan cipta untuk menghormati perjuangan para pahlawan kemerdekaan.

Turut ditampikan dalam Festival Bekasi Tempo Doeloe, tulisan-tulisan dan foto-foto sejarah berkaitan dengan Bekasi di dalam Gedung Juang. Banyak lomba juga yang di gelar pada perhelatan kali ini dari lomba pakaian jadul sampai pada lomba rebut dangdang. (ais/fzy)