Beranda Regional Pemkab Karawang dan KIIC Kompak Bahas Program CSR

Pemkab Karawang dan KIIC Kompak Bahas Program CSR

KARAWANG TVBERITA.CO.ID– Pemerintah Daerah (Pemda) Karawang melalui Disnakertrans melakukan roadshow ke kawasan Karawang Internasional Industrial City (KIIC) di Graha KIIC, Senin (12/11), sambil menggelar diskusi mengangkat tema Sinergi Pembangunan Melalui Pendekatan CSR bersama sejumlah tenant KIIC.

Kadisnaker, Ahmad Suroto didampingi Kepala Bappeda Kabupaten Karawang Eka Sanantha mendorong agar setiap perusahaan dapat bekerja sama dengan pemerintah untuk turut serta membangun Kabupaten Karawang lewat tiga menu Corporate Social Responsibility(CSR).

Suroto mengatakan, pihaknya terus berupaya untuk membangun sinergitas dan komunikasi yang intensif dengan seluruh perusahaan melalui pemanfaatan program CSR, untuk mendukung pembiayaan pembangunan daerah. Upaya ini dilaksanakan dengan mengacu pada strategi utama, yaitu mewujudkan Karawang yang berdaya saing. Serta sebagai tujuan investasi di berbagai sektor.

“Tujuan ini untuk menciptakan dan memelihara hubungan yang harmonis serta memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat. Untuk itu, saya apresiasi kepada seluruh pengusaha di Karawang yang telah berperan aktif, dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui program CSR,” katanya.

Lanjut Suroto, dengan harapan kepesulian dan peran serta dari seluruh perusahaan dapat memberikan kontribusi yang posirit. Bagi upaya meningkatkan kesejahteraan seluruh masyarakat Karawang. Dunia industri di Karawang dalam menjalankan aktifitas usahanya.

“Senantiasa memelihara ruang terbuka hujai di lokasi perusahaan. Melaksanakan mekanisme pengelolaan limbah yang baik dan benar, dengan mengacu kepada peraturan perundangan-perundangan,” jelasnya. 

Menurut Suroto, proses rekruitmen tenaga kerja lokal sebagaimana Perda nomor 1 tahun 2011 tentang penyelenggaraan ketenagakerjaan.

Memperhatikan site plan dan rencana tata ruang wilayah (RTRW), dalam setiap pelaksaan aktifitas pembangunan maupun pengembangan perusahaan. Sementara itu, Head of External Relations Division PT. Maligi Permata Industrial Estate Graha KIIC, Bambang Sugeng menuturkan, program CSR KIIC telah menyalurkan kesejumlah pihak di antaranya di dunia pendidikan. Pihaknya telah merehab sekolah yang rusak berat yaitu SDN Wadas 3, Kecamatan Telukjambe Timur (2017) dan SDN Kutapohaci, Kecamatan Cilebar (2018). Serta pengadaan ruang kelas baru.

“Program CSR KIIC, untuk membangun Kabupaten Karawang sudah berjalan dengan merebah sekolah rusak dan pengadaan ruang kelas baru. Dalam hal itu, secara patungan dari tenant-tenany yang ada di kawasan KIIC. Kedepannya kita akan berkordinasi lebih lanjut dengan CSR Pemda Karawang,” jelasnya. (KB)