Sabtu, 22 September 2018

Pemkab Karawang Sediakan Rumah Singgah Dekat RSHS Bandung

KARAWANG, TVBERITA.CO.ID- Pemkab Karawang melakukan terobosan menyediakan rumah singgah bagi keluarga pasien yang dirawat di RSHS (Rumah Sakit Hasan Sadikin) Bandung.

Rumah singgah itu terletak di sekitar RSHS tepatnya di Jalan Tawekal Sederhana, Kota Bandung. "Bagi keluarga pasien tidak mampu boleh tinggal di rumah ini tanpa harus bayar seperserpun. Bahkan mereka akan mendapat makan gratis tiga kali sehari," ujar Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Karawang, Eka Sanantha, Rabu (12/9).

Disebutkan, penyiapan rumah singgah itu merupakan jawaban Pemkab Karawang terhadap keluhan masyarakatnya yang kerabatnya harus menjalani perawatan di RSHS Bandung. Pada umumnya mereka mengaku tidak punya biaya saat menunggu kerabatnya yang sakit itu.

Disebutkan Eka, untuk biaya pasien sendiri biasanya sudah ditanggung oleh BPJS, Jamkesmas, atau KIS. Namun, proses pengobatan mereka terbentur oleh tidak adanya biaya bagi keluarga yang menemani pasien.

Akhirnya, pasien yang seharusnya bisa berobat secara tuntas harus kembali pulang ke rumahnya dalam kondisi masih sakit.

"Hal itu yang membuat kami prihatin. Ibu Bupati akhirnya berinisiatif menyiapkan rumah singgah di sekitar RSHS," kata Eka.

Dikatakan pula, untuk sementara rumah singgah itu bisa dimanfaatkan dengan sistem sewa. Namun, tahun 2019 akan diangarkan untuk dibeli.

Dijelaskan juga, kerabat pasien yang boleh menginap di rumah singgah itu adalah yang benar-benar diberi kuasa untuk mengurus pasien. "Jatahnya satu pasien satu kerabat dan boleh digunakan bergantian," kata Eka.

Sementara itu, Bupati Karawang Cellica Nurrchadiana mengatakan, rumah singgah tersebut memiliki enam kamar. Dua orang disiagakan untuk mengurus segala kebutuhan pasien dan keluarganya. Pasien dan pendampingnya bisa istirahat dan tinggal selama menjalani perawatan di RSHS.

"Jadi pasien dengan penyakit berat tidak perlu bolak - balik ke Karawang. Bisa menginap di sini. Tidak perlu keluar uang untuk biaya hidup selama tinggal di Bandung," kata Bupati di Sukajadi, Rabu (12/9/2018).

Selama di rumah singgah, Pemda Karawang menjamin kebutuhan makan dan minum pasien dan keluarganya. Di rumah itu, disediakan fasilitas representatif, termasuk kamar dan toilet yang nyaman. "Ini berangkat dari keluhan warga Karawang yang jadi pasien rujukan RSHS," kata Bupati.(kb)

 

MORE

Melarikan Diri ke Sumatera, Pelaku Pembunuhan Bocah di Karawang Ditangkap

Melarikan Diri ke Sumatera, Pelaku Pembunuhan Bocah di Karawang Ditangkap

KARAWANG, TVBERITA.CO.ID- Polres Karawang bergerak cepat melakukan penyelidikan...