Beranda Regional Pilkada Kota Bekasi, Dua Bapaslon Lulus Tes Kesehatan

Pilkada Kota Bekasi, Dua Bapaslon Lulus Tes Kesehatan

BEKASI, TVBERITA.CO.ID- Dua bakal pasangan calon (Bapaslon) peserta Pilkada Kota Bekasi, Rahmat Effendi-Tri Adhianto Tjahyono dan Nur Supriyanto-Adhy Firdaus Saady dinyatakan lulus tes kesehatan.

Penyampaian kesimpulan ini dilampirkan dalam sebuah berita acara dari RSPAD Gatot Soebroto kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bekasi.

Ketua KPU Kota Bekasi, Ucu Asmara Sandi mengatakan, berdasarkan berita acara Tim Penilai Pemeriksaan Kesehatan Calon Kepala Daerah Kota Bekasi periode 2018-2023 Nomor 01-TPIl/2018 tentang Hasil Pemeriksaan Kesehatan Calon pada Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Bekasi menyatakan bahwa dua Bapaslon telah lolos dalam tes kesehatan.

Kesimpulan ini sebelumnya juga telah melalui mekanisme pleno untuk menyimpulkan hasil pemeriksaan terhadap dua Bapaslon sebagai pemenuhan syarat calon pada Pilkada 2018.

“Dalam proses pemeriksaan dan penilaian kesehatan tersebut. Tim Pemeriksaan Kesehatan telah melaksanakan kegiatan sebagai beikut pemeriksaan, penilaian kemampuan jasmani dan rohani para calon,” kata Ucu Asmara Sandi kepada Berita Bekasi, Rabu (17/1).

Selain itu, tim pemeriksa kesehatan juga melakukan pemeriksaan atau penilaian bebas penyalahgunaan narkotika dan psikotropika terhadap para calon.

“Hasil pemeriksaan kesehatan para calon tersebut adalah menyatakan bahwa Rahmat Effendi-Tri Adhianto dan Nur Supriyanto-Adhy Firdaus Saady memenuhi syarat,” tuturnya.

Dengan demikian, kata Ucu, para calon dinyatakan mampu secara jasmani dan rohani serta bebas dari penyalahgunaan narkotika dan Psikotropika serta memenuhi syarat dalam pencalonan pada Pemilihan wali kota dan wakil wali kota Bekasi periode 2018-2023.

“Sesuai ketentuan pasal 46 ayat (10) PKPU no 3 Tahun 2017 tentang Pencalonan dalam pemilihan Gubernur dan wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati.

Dan/atau Walikota dan Wakil Walikota sebagaimana diubah dengan PKPU No 151 Tahun 2017, kesimpulan dan seluruh hasil pemeriksaan kesehatan yang telah dilakukan bersifat final dan tidak dapat dilakukan pemeriksaan pembanding,” jelasnya. (ais/fzy)