Selasa, 14 Agustus 2018

Polres Karawang Ungkap Penyalahgunaan BBM Bersubsidi di Lokasi Proyek

KARAWANG, TVBERITA.CO.ID- Kepolisian Resor Kabupaten Karawang, Polda Jawa Barat menyita ratusan liter bahan bakar minyak bersubsidi dalam operasi tangkap tangan penyalahgunaan BBM bersubsidi kegiatan pengurukan proyek pembangunan jalan Lingkar Luar Karawang, Senin.

"Sebelum datang ke lokasi, kami melakukan pengintaian terlebih dahulu. Kemudian muncul dugaan telah terjadi penyalahgunaan BBM jenis solar bersubsidi," kata Kapolres setempat AKBP Slamet Waloya, di Karawang.

Dia mengatakan, sebanyak 200 liter BBM bersubsidi jenis solar itu dibeli dengan menggunakan jerigen yang diangkut menggunakan sepeda motor.

Pembelian BBM dilakukan pada dua titik stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) sekitar Karawang. Kemudian BBM bersubsidi itu dimanfaatkan untuk kegiatan industri, yakni untuk bahan bakar empat alat berat yang berada di lokasi.

Seharusnya BBM yang digunakan untuk kegiatan industri itu adalah BBM nonbersubsidi, sesuai ketentuan perundang-undangan yang berlaku.

"Dugaan awal, ada penyalahgunaan BBM bersubsidi. Selanjutnya akan dilakukan penyelidikan lebih lanjut mengenai kasus ini," kata dia lagi.

Kapolres menyatakan kasus tersebut terungkap setelah pihak kepolisian melakukan pengintaian, terkait dengan ketentuan dalam Undang Undang Nomor 22 Tahun 2001 tentang Minyak dan Gas.

Setelah dilakukan pengintaian, berlanjut dengan operasi tangkap tangan. Dalam operasi itu, polisi menyita 200 liter BBM bersubsidi yang disimpan ke dalam jeriken.

Pada lokasi proyek industri pengurukan pembangunan itu, polisi juga memasang garis polisi pada empat unit alat berat.

"Untuk mengungkap kasus ini, kami juga sudah memeriksa enam orang, yaitu pengangkut (pembeli) BBM bersubsidi serta operator alat berat," kata Kapolres Karawang itu lagi.(KB)

MORE

Unsika Diduga Gelapkan Dana Ormawa Hingga Ratusan Juta

Unsika Diduga Gelapkan Dana Ormawa Hingga Ratusan Juta

KARAWANG, TVBERITA.CO.ID- Dana kegiatan Organisasi Mahasiswa (Ormawa) tahun 2017...