Beranda Regional PRKP Karawang Gencarkan Program “Desa Terang” di 2019

PRKP Karawang Gencarkan Program “Desa Terang” di 2019

KARAWANG, TVBERITA.CO.ID- Pemkab Karawang melalui Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (DPRKP) Kabupaten Karawang akan gencar melaksanakan program penerangan jalan (neonisasi) di sejumlah ruas jalan di 309 desa.

Untuk itu, Pemkab berencana akan mengalokasikan anggaran sebesar Rp.7 Miliar.”Pada tahun 2019 kami akan melaksanakan program ‘Desa Terang’. Melalui program ini, kelak tidak ada lagi desa-desa di wilayah Kabupaten Karawang yang gelap karena minim penerangan jalan,”kata Kabid Pertamanan dan Penerangan Jalan Umum DPRKP Kabupaten Karawang, Novi Gunawan, Kamis (20/9/2018).

Novi menyebutkan, Dalam program ini, pihak Pemkab akan menghitung berapa titik lampu yang dibutuhkan di setiap desa. Baik pada ruas jalan utama di pedesaan, persimpangan, atau di ruang-ruang publik yang ada di sekitar pedesaan.

Dalam program itu, ungkap Novi, pihaknya menyatakan akan mengalokasikan anggaran sekitar Rp. 25 juta untuk setiap desa. Dimana, lanjutnya, setiap satu desa akan dipasang neonisasi sebanyak 10 titik dengan radius jarak sekitar 30 meter disetiap titiknya.

“Pemasangan lampu penerangan jalan ini diperuntukan untuk ruas jalan berstatus jalan kabupaten yang selama ini masih belum tersentuh lampu penerangan jalan. Satu titik dikalikan 10 titik jadi kurang lebih sekita 300 meter perdesa,”ulasnya.

Dan jika diperkirakan jumlah 10 titik ini dinilai masih kurang. Desa dapat menambahkan titik -titik penerangan lainnya melalui anggaran dana desanya masing-masing, Novi menjelaskan.(nin/ds)