Senin, 22 Oktober 2018

Profesor Teja Kembalikan Uang Korupsi Rp 3,5 Miliar

JAKARTA, TVBERITA.CO.ID-Kejaksaan Negeri Kutai Barat (Kejari Kubar), Kalimantan Timur (Kaltim) mengeksekusi uang hasil korupsi Rp 3,5 miliar dari terdakwa korupsi Prof Thomas Susadya Sutedjawidjaya alias Teja. Uang miliaran ini dikembalikan Prof Teja karena terkait kasus korupsi dana hibah di Kutai Barat.

"Uang tunai senilai Rp 3,5 miliar yang ada ini adalah pengembalian kerugian negara dari korupsi dana hibah 3 Yayasan di Kubar dari Terdakwa Prof Teja," ucap Kajari Kubar, Syarief Sulaiman Nahdi, Kamis (19/7/2018).

Syarief mengatakan, uang ini adalah sebagian dari kerugian negara pada kasus yang telah dihitung merugikan negara senilai Rp 18,4 miliar. Menurut Syarief, Prof Teja sudah mengembalikan dengan sukarela Rp 5,8 miliar, ditambah sita asetnya Rp 4 miliar. Sehingga total yang dikembalikan Teja sekitar Rp 13 miliaran.

"Tidak hanya ini, Terdakwa Prof Teja sudah mengembalikan kerugian negara sebesar Rp 5,8 miliar dan dari aset yang disita berupa gedung dan tanah serta bangunan, diperkirakan bernilai Rp 4 miliar lebih jika dilelang nantinya," ujarnya.

Terkait proses sidang, Syarief menjelaskan, JPU telah menuntut Prof Teja dengan penjara 10 tahun dan denda Rp 600 Juta. Selain itu, Teja juga diwajibkan membayar uang pengganti Rp 4,9 miliar.

"Sidang vonis akan digelar di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Kota Samarinda pada Senin 30 Juli 2018 ini," ujar Syarief.

Eksekusi uang ini dilakukan langsung di BRI Cabang Sendawar, Ruko 4 & 5 Jalan Ki Hajar Dewantara, Kelurahan Melak Ulu Kecamatan Melak. Petugas BRI langsung memasukan uang itu ke rekening negara.(detik/kb)

MORE

Pedagang Pasar Cilamaya Ditekan Pengembang, Ini Alasannya

Pedagang Pasar Cilamaya Ditekan Pengembang, Ini Alasannya

KARAWANG, TVBERITA.CO.ID- Sejumlah pedagang Pasar Cilamaya mengeluhkan sikap PT...