Beranda Regional Program Prokasi, Pemkot Sisir Sampah di Bantaran Kali

Program Prokasi, Pemkot Sisir Sampah di Bantaran Kali

KOTA BEKASI, TVBERITA.CO.ID- Sering tercemar limbah, Pemerintah Kota Bekasi melalui Dinas Lingkungan Hidup menggagas Program Bersih-bersih Kali Bersih (Prokasi) di Kota Bekasi bersama komunitas peduli lingkungan dan perusahaan industri pada Jumat (26/10/2018).

Wali Kota Bekasi, Rahmat Effendi menyampaikan, mula-mula dilakukan penyisiran sampah yang berada di bantaran kali di Kota Bekasi dimulai perbatasan dengan Kabupaten Bogor di Pangkalan III Kelurahan Cikiwul. Di daerah ini mengalir sungai Cileungsi. Kemudian melewati dua pertemuan kali Cileungsi-Cikeas di Jati Asih hingga Pangkalan Bambu di kelurahan Marga Jaya Kecamatan Bekasi Selatan.

“Pencemaran kali Bekasi kita ketahui sudah berat ditambah lagi sampah yang ada. Maka kita koordinasi kegiatan ini bersama komunitas dan perusahaan dan pemerintah Kabupaten Bekasi untuk gerakan aksi bersih kali,” kata Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi.

Terkait pencemaran kali Bekasi, Pemkot Bekasi sudah berkoordinasi dan menyerahkan sampel air kepada Dirjen Pencemaran kementerian Lingkungan Hidup. Saat ini menurut informasi kementerian LHK ada sebanyak 7 Perusahaan yang berada aliran kali Cikeas sudah masuk penanganan kasus hukum dan 8 perusahaan di aliran Kali Cileungsi.

“Mudah-mudahan bukan dari perusahaan di Kota Bekasi karena di sini saya pun sempat langsung menutup atau menyegel perusaahan yang melakukan pencemaran. Akibatnya kita pun rugi warga pekerja pun menjadi pengangguran. Ini jadi momen baik agar perusaahan bisa melakukan tanggung jawabnya,” tambah Rahmat Effendi.

Sebelumnya, para pimpinan ini langsung disuguhkan pemandangan tidak mengenakan setelah tiba di lokasi menemukan lokasi penimbunan sampah warga yang belum terkelola secara baik di Pangkalan III Kelurahan Cikiwul. Menurut informasi bahkan sebagian sampah warga DKI Jakarta pun dibawa ke lokasi tersebut.

“Kita ingin permasalahan akut di masyarakat seperti sampah bisa tuntas. Nanti bisa dikerjasamakan dengan pihak ketiga dengan teknologi yang bisa mengubah sampah menjadi karbon sebagai bahan dasar paving blok. Tadi sudah ngobrol dengan pengelola workshop dan kita lihat perkembangannya,” imbuhnya.(asm/fzy)