Senin, 10 Desember 2018

Siap Hadapi Bencana, Pemkab Bekasi bersama Polres Gelar Apel Siaga

BEKASI, TVBERITA.CO.ID- Polres Metro Bekasi menggelar Apel Kesiapan Tanggap Musim Penghujan Tahun 2018/2019, di Lapangan Polres Metro Bekasi, Cikarang Utara. Senin (19/11/2018).

Apel tersebut merupakan upaya pengurangan risiko bencana daerah, juga sebagai langkah pemerintah mengecek kesiapan. Khususnya meningkatkan kesiapsiagaan ketika menghadapi bencana banjir serta melaksanakan gerakan pengurangan risiko bencana.

Upaya tersebut di antaranya pembersihan sampah pada drainase, pemasangan rambu kebencanaan, pembuatan peta dan jalur evakuasi, pembuatan sumur dan biopori, pemasangan alat peringatan dini, serta meminimalisir faktor risiko yang dapat menimbulkan kebencanaan.

Plt Bupati Bekasi Eka Supria Atmaja dalam sambutannya menyampaikan apel pasukan tanggap musim penghujan ini secara umum bertujuan membangun sikap gotong-royong dan kerjasama dari semua unsur.

Termasuk meningkatkan koordinasi dan sinergitas semua unsur terkait dalam penanggulangan bencana.

"Agar melakukan penanggulangan bencana secara cepat, efektif, efisien serta menunjukan kesiapsiagaan semua pihak yang terkait dalam penanggulangan bencana," ungkapnya.

Terang Eka, sebagaimana kita ketahui, bencana merupakan rangkaian peristiwa yang dapat mengancam aktivitas kehidupan masyarakat baik yang disebabkan faktor alam dan non alam maupun faktor manusia.

Berbagai bencana tersebut dapat mengakhibatkan timbulnya korban jiwa, kerusakan lingkungan ,kerusakan harta benda, dan dampak psikologis.

"maka di perlukan langkah-langkah kongkrit dari berbagai unsur yang meliputi; Unsur Pemerintah, Masyarakat dan Dunia Usaha agar senantiasa tanggap dan siaga dalam menghadapi bencana sejalan dengan amanat Undang Undang No 24 Tahun 2007 Tentang Penanggulangan Bencana" katanya.

Eka menambahkan, apel ini memerlukan langkah-langkah konkrit dari berbagai pihak. Terutama pada paradigma baru dalam penanggulangan bencana yang semula bersifat responsif, sekarang menjadi bersifat prefentif. Sehingga penanggulangan bencana banjir bisa terlaksana dengan baik.(gil/ris)

MORE

Dalam Era Revolusi 4.0, Paradigma Perlindungan Pekerja Perlu Diubah

Dalam Era Revolusi 4.0, Paradigma Perlindungan Pekerja Perlu Diubah

JAKARTA, TVBERITA.CO.ID- Selain berdampak trehadap perubahan model bisnis, perke...