Beranda Regional Sisi Lain Tahun Baru Tidak hanya Terompet, Kondom juga Laku Keras

Sisi Lain Tahun Baru Tidak hanya Terompet, Kondom juga Laku Keras

KARAWANG, TVBERITA.CO.ID- Momen pergantian tahun baru 2018, ternyata tidak hanya terompet yang laris manis di pasaran. Di sejumlah apotek, toko, mini market kecil, penjualan kondom ikut mengalami peningkatan.

Bahkan beberapa hari terakhir, sejumlah apotek di Karawang mengalami peningkatan omset, terutama penjualan kondom, obat kontrasepsi.

Pantauan Koran Berita di beberapa titik wilayah di Kabupaten Karawang, kondisi ini terjadi seiring dengan malam pergantian tahun baru makin dekat. Entah ada hubungannya atau tidak, tapi peningkatan penjualan itu diakui beberapa apotek di Karawang semakin meningkat setiap akhir tahun.

Wiwin (29 thn), salah seorang karyawan apotek di kisaran Karawang Kota, mengakui permintaan kondom beberapa hari terakhir terus meningkat dibanding hari biasa. Menurutnya, itu biasa terjadi setiap menjelang tahun baru. “Kami hanya menyediakan. Soal untuk apa kondom itu, ya kami tidak tahu,” katanya singkat.

Karena terjadi hampir setiap pergantian tahun, pihaknya pun jauh-jauh hari sudah menambah stok sekitar 50 persen. Diungkapkannya, pembeli mulai banyak sejak dua hari terkahir. Diprediksi, pembeli akan lebih banyak datang pada siang sebelum malam pergantian tahun.

“Kami jujur saja tidak tahu soal fenomena tersebut. Hanya harapan kami tentunya bukan untuk dipakai seks bebas,” ujar Wiwin polos.

Hendi (23) salah seorang kasir Apotik saat ditemui Koran Berita mengatakan sepertinya rutin tiap tahun kondom dilirik banyak kalangan pada malam pergantian tahun. Mulai dari anak muda sampai orang tua. Mereka sepertinya memang sengaja membeli alat kontrasepsi tersebut. Mereka membeli dengan beragam merk.

”Intinya semua tergantung selera pembeli,” ujar dia.

Ia mengatakan setidaknya beberapa kotak kondom telah terjual dari apotek yang dijaganya. Alat kontrasepsi berupa kondom ini sepertinya menjadi pasokan yang paling diminati para kawula muda. “Sudah lumrah seperti tahun-tahun sebelumnya akan berbeda jauh dengan hari biasa. Pergantian malam tahun baru juga dipastikan terjadi peningkatan kondom. Biasanya yang beli mayoritas anak muda yang belijelasnya,” tandasnya.

Hendi menambahkan permintaan kondom sering terjadi pada kisaran sore hari. Sudah hal biasa, kondom laku keras saat malam tahun baru maupun Valentine. Apotik yang dijaganya menyediakan banyak ragam jenis kondom. Kondom ada dijual per buah, per kotak isi banyak, sedang dan sedikit.

“Harganya juga cukup murah dan bervariasi. Mulai Rp10.000 hingga Rp25.000. Harganya tergantung dengan jenis merek dan isi kondom dalam tiap kotak. Sebab isi kondom dalam setiap kotak dan plastic cukup berbeda. Biasanya standar maksimal bisa mencapai 6 sampai belasan kondom pada setiap isi kotaknya,” pungkasnya. (nin/ds)