Senin, 10 Desember 2018

Tersangka OTT Disdukcapil Karawang Kok Gak Ditahan?

KARAWANG, TVBERITA.CO.ID- Polres Karawang menetapkan dua tersangka kasus operasi tangkap tangan (OTT) pelaku pungutan liar (Pungli), pembuatan dokumen kependudukan di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcatpil). 

"Kita melakukan gelar perkara dan sudah tetapkan dua tersangka pungli di Disdukcatpil dalam OTT tim saber pungli. Yakni saudara J sebagai perantara dan E sebagai honorer operator pembuatan KTP-E Disdukcatpil," kata Kapolres Karawang, AKBP Slamet Waloya, Selasa (20/11).

Kapolres mengatakan, J yang bukan pegawai Disdukcatpil itu bertugas sebagai calo. Ia mengumpulkan uang dari para warga yang hendak mengurus dokumen kependudukan secara cepat.

Kemudian, J akan berkoordinasi kepada E yang merupakan honorer dan bertugas sebagai operator dalam pembuatan dokumen kependudukan di Disdukcatpil Karawang.

"Saat ini keduanya masih dalam tahap pemeriksaan sebagai tersangka,"kata dia. Lanjutnya, hasil dari uang pungli tersebut kemudian akan dibagi dua J dan E. "Satu dokumen itu Rp200-Rp300 ribu perorang," katanya.

Dalam operasi tangkap tangan (OTT) yang terjadi pada  pekan lalu itu, tim saber pungli juga menangamankan A yang merupakan PNS. Akan tetapi A tidak dijadikan tersangka, disebutkan Waloya karena tidak menemukan unsur bukti dalam melakukan pungutan liar. 

Pihak kepolisian juga belum melakukan penahanan terhadap J dan E yang telah ditetapkan sebagai tersangka. "Karena E merupakan operator, kita tidak bisa melakukan penahanan. Karena khawatir akan mengganggu pelayanan," pungkasnya.(kb)

MORE

Hari Anti Korupsi, Kajari Karawang Selamatkan Rp 8,1 Miliar Uang Negara

Hari Anti Korupsi, Kajari Karawang Selamatkan Rp 8,1 Miliar Uang Negara

TV BERITA KARAWANG - Sepanjang tahun 2018, Kajari (Kejaksanaan Karawang mengaku...