Senin, 10 Desember 2018

Uji Kelaikan Bus Jelang Mudik, Dishub Karawang Jemput Bola

KARAWANG, TVBERITA.CO.ID- Guna menghadapi arus mudik Idulfitri 2018, Dinas Perhubungan Karawang melakukan uji kelaikan angkutan massal atau ramp check di terminal Klari, Karawang Jumat (8/6).

Pengujian dilakukan untuk memastikan kendaraan yang akan digunakan mudik Lebaran 2018 dalam kondisi baik dan layak jalan.

"Sebenarnya pengujian sudah dilakukan sejak beberapa lalu di setiap perusahaan. Kita uji laik jalan agar bus-bus Lebaran harus memenuhi persyaratan kelayakan jalan,"kata Kadishub Karawang, Arif Bijaksana kepada TVBERITA.CO.ID.

Arif mengatakan, uji kelaikan yang dilakukan meliputi persyaratan teknis dari kaca, wiper, lampu dan ban. Selain itu, pihaknya juga melakukan cek dari administrasi kendaraan seperti pemeriksaan STNK dan buku uji.

"Kalau tidak layak kendaraan tersebut dilarang berangkat dan dikembalikan ke PO. Selanjutnya agar memperbaiki kerusakan kendaraan tersebut. Setelah diperbaiki akan dicek kembali apakah bus tersebut layak jalan atau tidak. "imbuhnya.

Selain itu, sebanyak 40 sopir angkutan lebaran di Terminal Klari juga mendapatkan pemeriksaan urine. Hal itu dilakukan untuk memastikan sopir angkutan Lebaran beban dari penggunaan obat-obatan terlarang dan narkoba.

Sementara itu, Kabid Pemberantasan BNNK Karawang, Gunadi mengungkapkan, Badan Narkotika Nasional (BNN) melakukan tes urine kepada seluruh awak transportasi yang melaksanakan mudik Lebaran. Tak hanya itu, dilakukannya tes kesehatan agar sopir bus yang membawa penumpang mampu menjalankan tugasnya dengan selamat sampai tujuan.

"Hasilnya gak ada yang mengandung narkoba hasil test urine yang dilaksanakan BNNK berkerjasama dengan Dishub Karawang," pungkasnya.(KB)

 

MORE

Oknum TKSK Kutawaluya Salahgunakan Jabatan Suplai Beras BPNT

Oknum TKSK Kutawaluya Salahgunakan Jabatan Suplai Beras BPNT

KUTAWALUYA, TVBERITA.CO.ID- Oknum Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) K...