Senin, 20 Agustus 2018

Warga Sering Keracunan, Pemkab Karawang Kok Lemah?

KARAWANG, TVBERITA.CO.ID- Warga Desa Kutamekar, Kecamatan Ciampel keracunan gas clorin dari cerobong asap pabrik kertas milik Sinar Mas Grup, PT Pindo Deli 2, Senin (14/5) malam. Dari data yang dihimpun KORAN BERITA(Grup Tvberita.co.id), total korban berjumlah 16 orang.

Semua korban saat ini masih dalam perawatan intensif Rumah Sakit Rosela, Telukjambe Barat. Ironisnya,kendati warga kerap mengalami keracunan. Tidak pernah ada tindakan tegas dari Pemkab Karawang terhadap Pindo Delli II.

Namun, Bupati Cellica Nurrachadiana berjanji akan menerjunkan tim auditor independen ke PT. Pindo Deli II untuk memeriksa instalasi yang terpasang di pabrik kertas itu. Karena keracunan warga di lingkungan sekitarnya sudah tiga kali terjadi dari sumber yang diduga sama.

"Makanya pada kejadian sekarang saya langsung turun ke lokasi pabrik bersama pak Kapolres dan pak Dandim. Ini untuk memastikan ada apa sebenarnya di sana (Pindo Deli II). Saya sempat minta MAP instalasi yang terpasang di situ. Ternyata sudah karatan. Katanya mereka (pihak pabrik) mau mengganti instalasi itu bulan Juni mendatang,"kata Cellica di kantornya, Selasa sore (15/5/2018).

Terkait penyelidikan atas kasus keracunan 16 orang warga di sekitar pabrik tersebut, yakni Desa Kutamekar Kecamatan Ciampel, Cellica menyerahkannya ke pihak Polres Karawang. Sedangkan pihaknya di pemkab lebih kearah melakukan kajian ulang terhadap semua perijinan. Yaitu untuk memastikan, masih layak atau tidak Pindo Deli II tetap beroperasi. Termasuk mempertimbangkan 700-an buruh yang bekerja di pabrik ini.(kb)

MORE

Karnaval Drum Band dan Kostum Meriahkan Perayaan HUT RI ke-73 di Gempol

Karnaval Drum Band dan Kostum Meriahkan Perayaan HUT RI ke-73 di Gempol

BANYUSARI, TVBERITA.CO.ID- Sekitar tiga ratus warga  RT 01/01 dan para pemu...