Selasa, 14 Agustus 2018

Hari Terakhir Pendaftaran Bacaleg Banyak Berkas Harus Diperbaiki (Partai Golkar Terpaksa Coret Sebagian Nama Bacaleg)

CIANJUR, TVBERITA.CO.ID Hari terakhir pendaftaran bakal calon anggota legislatif (Bacaleg) Cianjur, terdapat sejumlah temuan berkas yang harus segera diperbaiki. Beberapa temuan diketahui cukup mencolok sehingga berkas yang diajukan dinilai tidak memenuhi persyaratan sah.

 

Ketua Panwaskab Cianjur Hadi Dzikri Nur mengatakan, temuan yang mencolok dan banyak ditemukan adalah adanya perbedaan nama bakal calon di masing-masing identitas mereka. Menurut Hadi, ada perbedaan nama di ijazah dan kartu identitas penduduk mereka.

”Ini masih temuan awal, jadi kami juga akan berikan waktu untuk memperbaiki berkas yang belumsesuai. Apalagi, ini menyangkut persoalan identitas,” kata Hadi, kepada wartawan, Rabu (18/7/2018).

Selain permasalahan identitas, hal lain yang juga ditemukan adalah bakal caleg belum menyertakan keterangan pengunduran diri bagi anggota DPRD.

Ada beberapa anggota DPRD yang diketahui pindah partai, belum menyerahkan keterangan tersebut dari partai yang lama. Di dalam berkas yang sudah terkumpul, bahkan masih banyak anggota DPRD yang mencantumkan pekerjaan sebagai anggota DPRD.

Ia melanjutkan, bakal caleg yang saat ini berprofesi sebagai pegawai negara diimbau untuk mengundurkan diri dari jabatannya. Hadi menyebutkan, profesi yang dimaksud, antara lain kepala desa, perangkat desa, TNI, Polri, direksi, komisaris, dan karyawan pada BUMN, BUMD, Bumdes, serta badan lain yang anggarannya bersumber dari keuangan negara.

Sementara itu, berdasarkan pantauan di kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Cianjur, selama dua hari terakhir masa pendaftaran banyak anggota partai politik yang datang untuk menyampaikan berkas.

”Hari terakhir pendaftaran calon legistlatif ini, sudah ada delapan parpol yang mendaftarkan diri, Partai Nasdem, Golkar, PKB, PKS, PAN, PBB, Demokrat, dan Perindo,” ucap Ketua KPU Kabupaten Cianjur, Anggy Shofia Wardhani.

Pendaftaran yang sudah berlangsung sejak 4 Juli 2018 itu, masih dibuka hingga pukul 24.00 WIB. Menurut dia, masih ada delapan partai yang ditunggu sampai batas penutupan malam nanti.

Anggy mengatakan, setelah pendaftaran usai maka akan dilaksanakan pemeriksaan berkas. Ia menjelaskan, sampai 30 Juli 2018 nanti, ada tahap perbaikan berkas sebelum nantinya diumumkan informasi selanjutnya.

”Setelah itu, akan diumumkan daftar calon sementara (DCS) sebelum penetapan daftar calon tetap (DPT). Itu dilakukan sekitar akhir September mendatang,” ujar dia.

Sementara itu, banyak nama peserta dari Partai Golkar yang dicoret ketika mendaftar sebagai bakal calon legislatif. Ketua DPD Partai Golkar Kabupaten Cianjur, TB Mulyana Syahrudin mengatakan, partai terpaksa mencoret beberapa nama disesuaikan dengan jumlah yang sudah ditentukan aturan.

”Banyaknya peserta yang mendaftar bacaleg, membuat panitia harus melakukan seleksi ketat. Tapi, kami akhirnya menyerahkan berkas calon legislatif sesuai dengan sistem informasi calon yang disetor ke KPU RI,” kata dia.

Prosesnya juga dipastikan berjalan dari pembukaan pendaftaran secara terbuka. Setelah berkas masuk, mereka menyetrokannya ke Silon dan akhirnya menyerahkan berkas asli ke KPU Cianjur.(kb)

MORE

Unsika Diduga Gelapkan Dana Ormawa Hingga Ratusan Juta

Unsika Diduga Gelapkan Dana Ormawa Hingga Ratusan Juta

KARAWANG, TVBERITA.CO.ID- Dana kegiatan Organisasi Mahasiswa (Ormawa) tahun 2017...