Sabtu, 22 Juli 2017

Ilustrasi/Istimewa Ilustrasi/Istimewa

Calo Tenaga Kerja di Walahar Ditangkap Featured

KARAWANG, TVBERITA.CO.ID-Polres Karawang meringkus seorang pelaku penipuan terhadap calon tenaga kerja. Dalam aksinya pelaku mengiming-imingi korbannya dimasukkan kerja di PT Calbee Wings Indonesia di Desa Walahar, Kecamatan Klari.


Pelaku diketahui bernama S (30), warga Dusun Walahar I, Desa Walahar, Kecamatan Klari, Kabupaten Karawang. Sementara itu satu teman pelaku yang diketahui berinsial H, yang mengaku sebagai orang dalam, masih dalam pencarian polisi.


Terungkapnya kasus penipuan tersebut berawal dari laporan salah seorang korban yang akan dijanjikan oleh tersangka untuk dimasukkan bekerja di PT Calbee Wings, dengan sarat memberikan uang pelicin (sogokan) sebesar Rp 5 juta per orang.


"Saat ini sudah ada 30 orang yang sudah melapor pada kami," kata Kasat Reskrim Polres Karawang AKP Maradona Armin Mappaseng, melalui Kanit Tipikor Polres Karawang, Iptu Wasikin, kepada KORAN BERITA, Selasa (17/5).


Dikatakan Wasikin, masing-masing korban penipuan menggaku sudah memberikan uang sebesar Rp 5 juta. Awalnya para korban percaya terhadap pelaku karena pelaku menjanjikan jika uang Rp 5 juta sudah masuk, jarak satu minggu korban bisa langsung masuk bekerja.


"Yang membuat korban percaya karena pelaku langsung memberikan id card dan visitor nama Karyawan dari PT Calbee Wings setelah memberikan uang 5 Rp juta. Tapi setalah nunggu satu minggu nyatanya korban tak masuk kerja dan setelah dicek ternyaya id card yang diberikan pelaku merupakan identitas palsu," ungkapnya.


Menurut Wasikin, pelaku mengaku sudah dari Desember 2016 hingga akhir April 2017 kemarin melakukan aksinya.


"Pelaku mengaku kerja sama dengan temannya, H, karena dari keterangan pelaku uang yang didapat dari para korbannya langsung disetorkan kepada H yang saat ini masih buron," katanya.


Dijelaskan wasikin, pelaku berhasil diamankan di Wilayah Cibalongsari, Kecamatan Klari pada 5 Mei 2017 oleh salah seorang korban warga Kecamatan Telagasari, setelah dipancing meminta untuk bertemu dengan pelaku dengan alasan ada yang mau masuk bekerja.


"Karena sudah lebih dari satu minggu korban tak juga kunjung masuk kerja, sedangkan uang sudah diberikan pada pelaku. Setelah ditangkap pelaku langsung dibawa ke Polsek Telagasari dan dilimpahken ke Polres Karawang, " katanya.


Dari tangan pelaku Polisi mengamankan sejumlah berkas dan sejumlah surat lamaran kerja yang diduga milik para korbannya, id card, visitor pengenal PT tersebut, dan sejumlah kuitansi pembayaran.


"Jadi untuk mempercayai korbannya saat penyerahan uang pelaku menggunakan kuitansi pembayaran dengan tanda tangan di atas materai 6000," jelasnya.


Sementara itu, dari pihak perusahaan kepada petugas kepolisian mengaku tidak pernah membuka lowongan kerja melalui perantara ataupun calo.


Akibat perbuatannya, kini pelaku harus mendekam di balik dinginnya sel tahanan Mapolres Karawang, dan polisi akan menjerat pelaku dengan Pasal 378 KUHPidana tentang penipuan dan penggelapan dengan ancaman hukuman maksimal empat tahun. (jha/ds)

Leave a comment

Make sure you enter all the required information, indicated by an asterisk (*). HTML code is not allowed.