Sabtu, 22 Juli 2017

Ilustrasi/Istimewa Ilustrasi/Istimewa

IRT Mendominasi Kasus HIV/AIDS di Karawang Featured

KARAWANG, TVBERITA.CO.ID- rumah tangga (IRT) dan karyawan mendominasi angka kasus HIV/AIDS di Karawang pada periode Januari-Mei 2017. Dari 71 kasus HIV/AIDS berdasarkan pekerjaaan, Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Karawang merilis 22 di antaranya berasal dari karyawan dan IRT.


"Karyawan dan ibu rumah tangga yang paling tinggi, mencapai 22 kasus. Kemudian disusul oleh buruh sebanyak 5 kasus, mahasiswa 2 kasus, dan pelajar 2 kasus. Sisanya tersebar di berbagai bidang pekerjaan hingga pengagguran," ujar Yana Aryana, Staf KPA Karawang, Kamis (18/5).


Ia mengatakan, saat ini ada trend baru kasus HIV/AIDS jika dilihat dari pekerjaannya, dimana banyak penderita HIV/AIDS merupakan ibu rumah. Sebab, jika mengacu pada data tahun 2016 lalu, pekerjaan yang paling rentan terkena penyakit menular tersebut adalah karyawan.


"Jumlahnya mencapai 44 kasus," katanya.


Sejauh ini, telah ada 742 kasus HIV/AIDS yang tercatat oleh KPA Karawang, dengan penderita didominasi oleh kaum laki-laki.


"Saya perkirakan, hingga hingga akhir tahun ini akan bertambah kalau melihat trend kenaikan tahun lalu. Kami terus melakukan sosialisasi kepada masyarakat, agar kenaikan tidak terlalu tinggi," katanya.
Disampaikan Yana, sebanyak 4 kecamatan di Kabupaten Karawang menjadi wilayah paling rawan penyebaran HIV/AIDS, yaitu Kecamatan Telukjambe Timur, Karawang Barat, Karawang Timur dan Rengasdengklok.


"Empat kecamatan ini mendapat pengawasan khusus KPA, karena penyebaran virus HIV/AIDS cukup tinggi. Untuk tahun ini saja, di Kecamatan Telukjambe Timur mencapai 9 kasus. Sementara Kecamatan Karawang Barat 6 kasus, Karawang Timur 6 kasus, dan Kecamatan Rengasdengklok mencapai 5 kasus," katanya.


Menurutnya, penularan HIV/AIDS yang paling tinggi berasal dari hubungan seks yang tidak lazim, seperti penyuka sesama jenis atau homoseksual. Selain itu, pola berganti-ganti pasangan juga menjadi salah satu penyebab terinfeksi HIV/AIDS selain penggunaan jarum suntik narkoba.


"Secara umum, kasus penularan yang paling tinggi ialah faktor homoseks. Sementara jika dilihat dari kategori usia, penderita HIV/AIDS di Karawang paling banyak berusia 20 sampai 29 tahun, dengan jumlah mencapai 34 kasus," katanya. (cr16/ds)

Leave a comment

Make sure you enter all the required information, indicated by an asterisk (*). HTML code is not allowed.